Arus Balik, Jalur Pantura Mempawah dan Siantan Macet Parah

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 451

Arus Balik, Jalur Pantura Mempawah dan Siantan Macet Parah
Kemacetan di kawasan Siantan Pontianak. (SP/Ind)
MEMPAWAH, SP – Kemacetan parah terjadi saat arus balik Lebaran 2018 di jalur pantai utara (Pantura) Kabupaten Mempawah, Minggu (16/6) malam.  Kepadatan terjadi dari arah Singkawang menuju Pontianak. 

Tersendatnya arus lalu lintas di jalur tersebut disebabkan adanya proyek perbaikan jembatan yang berlokasi di Jalan Raya Semudun, Mempawah. 

Dari pantauan Suara Pemred, arus kendaraan dari arah Singkawang menuju Pontianak tersendat. Deretan kendaraan, khususnya roda empat mengular hingga beberapa kilometer jauhnya. Kendaraan hanya merayap pelan kurang dari 10 km/jam. 

Tingginya volume kendaraan karena aktivitas masyarakat bersilahturahmi dan berkunjung ke rumah sanak keluarga membuat antrean kendaraan kian cepat bertambah panjang.  

"Kami mau pulang ke Pontianak.  Sudah hampir satu jam mobil kami terjebak macet. Jelas ini sangat mengganggu perjalanan kami," kata Rizki,  salah seorang pengguna jalan ketika ditemui di tengah kemacetan.  

Untuk memperlancar arus kendaraan, sejumlah petugas proyek jembatan memberlakukan sistem buka tutup jalan. Mereka berusaha mengatur arus kendaraan. 

Kendaraan dari arah Pontianak menuju Singkawang dan sebaliknya, diarahkan untuk bergantian melintasi jembatan yang belum rampung pengerjaannya tersebut.  

Tak hanya di jalur Pantura Mempawah,  kemacetan panjang juga terpantau terjadi di kawasan Siantan Pontianak.  Antrean kendaraan memanjang dari Pasar Siantan hingga ke perempatan lampu merah Jembatan Tol Landak.  (ind)