q Suara Pemred − Paslon Diduga Bertemu dengan Belasan Kepala Desa di Masa Tenang, Warga Lapor ke Panwaslu

Paslon Diduga Bertemu dengan Belasan Kepala Desa di Masa Tenang, Warga Lapor ke Panwaslu

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 1761

Paslon Diduga Bertemu dengan Belasan Kepala Desa di Masa Tenang, Warga Lapor ke Panwaslu
Sejumlah warga laporkan temuan pada Panwaslu Mempawah. (SP/Ben)
MEMPAWAH, SP - Puluhan warga mendatangi Kantor Panwaslu Mempawah, Senin (25/6). Mereka melaporkan adanya dugaan kegiatan kampanye saat masa tenang oleh salah satu pasangan calon (paslon) yang mengikuti Pilkada Serentak 2018.

Iswandi, perwakilan warga mengatakan, kegiatan kampanye saat masa tenang itu diduga terjadi saat salah satu paslon melakukan pertemuan dengan 18 kepala desa di Restoran Galaherang Mempawah, Minggu (24/6) malam.

"Kita sebagai masyarakat sangat menyayangkan dan prihatin. Di masa tenang pelaksanaan pilkada serentak ini masih ada pihak yang melakukan pertemuan dengan 18 orang kepala desa. Jadi kita melaporkan masalah ini ke Panwaslu Mempawah," tegasnya.

Menurut Iswandi, merujuk pada aturan, pada masa tenang paslon kepala daerah dan tim sukses tidak dibolehkan melakukan pertemuan ataupun kampanye. Jadi dia menilai pertemuan itu sudah termasuk pelanggaran berat.

"Jika dilihat dugaan pelanggaran ini sudah tak bisa ditolerir lagi," katanya.

Iswandi mengaku pihaknya sudah menyiapkan bukti bukti, baik berupa video, foto dan lainnya. Setelah membuat laporan, pihaknya akan melihat kinerja Panwaslu Mempawah.

Ketua Panwaslu Mempawah, Akhmad Amirrudin mengatakan akan mencari kebenaran terkait adannya dugaan pelanggaran Pemilu di masa tenang ini.

"Untuk informasi jelasnya kita belum mengetahui. Karena saat ini masih dalam proses mendengar laporan dari masyarakat," katanya.

Pihaknya akan menindaklanjuti laporan dari masyarakat sesuai aturan yang berlaku dalam proses penanganan pelanggaran Pemilu.

"Jika terbukti akan dilimpahkan ke Gakumdu dan selanjutnya ke pengadilan jika memang faktanya benar dan ada," jelasnya. (ben)