Pembangunan Terminal Kijing akan Dimulai

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 190

Pembangunan Terminal Kijing akan Dimulai
Ist
MEMPAWAH, SP - Progres pembangunan Terminal Kijing yang berada di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah memasuki pembangunan tahap pertama di bulan Juli 2018 ini, hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Mempawah, Ria Norsan, Senin (16/7).

Ria Norsan mengungkapkan, rencana pembangunan terminal Kijing ini akan  menggunakan 2 hingga 3 tahun anggaran, dengan total anggaran mencapai Rp14 triliun lebih, belum termasuk ganti rugi  lahan warga yang telah dibebaskan.

“14 triliun tersebut hanya untuk konstruksi. Sementara ganti rugi lahan masyarakat itu berkisar Rp400 milyar,” ungkap Ria Norsan.
Ia mengatakan, untuk tahap pertama pembangunan Terminal Kijing itu, diawali pembangunan trestle 3 jalur, dengan panjang 2,700 meter dan  lebar 90 meter dan dermaga 500 meter.

“Pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan termegah di Kalbar,” kata Norsan.

Norsan mengatakan, dengan dibangunnya pelabuhan ini, ia berharap kedepannya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Diibaratkannya pelabuhan ini seperti gula, tanpa diundang semut juga akan datang.

“Dengan adanya Terminal Kijing ini, Negara akan damai ,ekonomi akan tumbuh, kemiskinan akan berkurang dan masyarakat mendapatkan pekerjaan,” tegasnya (ben/jek)