Peneliti Belia Indonesia Meraih Prestasi Gemilang di Beograd

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 557

Peneliti Belia Indonesia Meraih Prestasi Gemilang di Beograd
ICYS - Tim Indonesia siswa/i SMA dan SMP menyabet dua medali emas, tiga medali perunggu, dua special awards dan penghargaan best poster pada lomba penelitian internasional 25th ICYS 2018, di Beograd-Serbia, 19-25 April 2018. (rilis)
International  Conference Of Young Scientists (ICYS) 2018

Tim Indonesia yang terdiri dari siswa/i SMA & SMP dari berbagai wilayah di Indonesia, berhasil menyabet dua medali emas, tiga medali perunggu, dua special awards dan penghargaan best poster pada lomba penelitian internasional 25th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2018.

SP - Acara itu berlangsung pada 19-25 April 2018 di Beograd-Serbia. Tim Indonesia di bawah pimpinan Monika Raharti (Center for Young Scietists Indonesia). 

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Center for Young Scientists, pada ajang itu, medali emas diperoleh oleh Muhammad Firman Nuruddin dari SMA Taruna Nusantara Magelang pada bidang Environmental Science dan Ian Santoso dari SMA Cita Hati West Campus Surabaya pada bidang Life Sciences. 

Medali perunggu dipersembahkan oleh Firman Fathoni dari SMPN1 Surabaya pada bidang Computer Science, Michael Teguh Laksana dari SMA St Aloysius Bandung pada bidang Physics, dan Peter Gonawan dari SMA Cita Hati East Campus Surabaya pada bidang Engineering. 

Nicholas Patrick dari  SMP Cita Hati Surabaya mendapatkan Special Award bidang Mathematics, serta Stephanie Susanto dan Suzan Basaran dari SMA Budi Utama Yogyakarta juga mendapatkan Special Award bidang Life Sciences. Arflyno Chrisdion Pudayar Pahombar Ludjen dari SMA Bina Cita Utama Palangkaraya berhasil meraih The Best Poster bidang Computer Science.                                                                                                                 

Direktur Pembinaan SMA, Kemendikbud, Purwadi Sutanto berpesan untuk bersemangat dan berjuang membawa nama baik bangsa Indonesia di Beograd.

Tim Indonesia disambut hangat oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Serbia di Beograd, Harry Richard James Kandou juga hadir pada acara Closing and Awarding Ceremony ICYS 2018 di Sumice, Beograd, Serbia. 

Tim Indonesia dibentuk dari seleksi berjenjang dari tingkat provinsi yang berlanjut ke tingkat nasional oleh Center for Young Scientists bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kota, universitas dan lembaga swadaya masyarakat sejak bulan Agustus hingga November 2017.

Tim dari Indonesia, mengucapkan terimakasih kepada tim pembina dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Bandung Fe Institute, Center for Innovative Learning, dan Center for Young Scientists Indonesia.

Terimakasih juga diucapkan kepada pihak sekolah, guru pembimbing serta orangtua yang telah memberikan dukungan selama penelitian berlangsung hingga ke tahap lomba.

Tim Center for Young Scietists Indonesia dijadwalkan tiba di Tanah Air, Kamis (26/4), pukul 15.00 WIB. (ril/lis)