Amerika Kirim Rp 60 Miliar dan 3 Pesawat Hercules ke Sulteng

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 1234

Amerika Kirim Rp 60 Miliar dan 3 Pesawat Hercules ke Sulteng
Jakarta, SP – Pemeritah Amerika Serikat memberikan bantuan USD 4 juta atau setara dengan Rp 60 miliar untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Pemerintah Amerika berkoordinasi soal kebutuhan prioritas korban gempa.  

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr mengatakan, pihaknya telah mengirim 3 pesawat Hercules C-130 untuk mengangkut bantuan dari Balikpapan ke Palu.  

“Jumlah (bantuan) itu belum termasuk donasi dari perusahaan-perusahaan swasta (AS) dan biaya untuk mendatangkan pesawat C-130,” kata Donovan saat memberikan keterangan di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/10), seperti ditulis Merdeka.com.  

Menurut Donovan, 3 pesawat Hercules C-130 itu sudah siap dioperasikan dan paling cepat dapat digunakan Sabtu pagi kemarin.

Amerika juga menerjunkan tim ahli bencana dari United States Agency for International Development (USAID) dan Office of Foreign Disaster Assistance (OFDA). Tugas mereka melakukan penilaian kerusakan dan berkoordinasi dengan otoritas lokal untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.  

“Timnya ada 8 orang, termasuk 2 dari disaster specialist (spesialis bencana) yang akan melihat kondisi di lapangan dan bekerja sama dengan mitra-mitra kami dan juga dengan pihak pemerintah yang ada di Palu dan Balikpapan,” kata Senior Regional Advisor OFDA, Harlan Hale.  

Pemerintah Amerika juga menugaskan 2 personel militer sipil yang bertugas menyiapkan kedatangan Hercules C-130 agar pesawat dapat diisi barang bantuan dan beroperasi.  

“Dan yang terpenting adalah 2 orang staf dari USAID -staf lokal dan merupakan warga negara Indonesia- yang datang bersama tim ke lokasi bencana dan bertugas sebagai penghubung dan penerjemah,” ucap Hale menambahkan.  

Mengenai bentuk koordinasi yang dilakukan oleh Office of Foreign Disaster Assistance (OFDA), Hale menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat sebelum menyalurkan bantuan dan mengangkut barang-barang ke lokasi bencana di Sulawesi Tengah.

Jumlah korban tewas akibat gempa tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah mencapai 1.649 orang. Diperkirakan jumlah korban bertambah, karena pencarian korban masih terus dilakukan dan belum seluruh lokasi bencana terjamah tim SAR. (*)