Pelabuhan Temajuk Dilengkapi Dermaga Kapal Perang

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1777

Pelabuhan Temajuk Dilengkapi Dermaga Kapal Perang
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Gatot Rudiyono menyatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah mengajukan rencana pembangunan pelabuhan di Temajuk, Paloh, Kabupten Sambas, kepada Pemerintah Pusat.

“Surat gubernur sudah disampaikan 2013 lalu, semua sudah clear.  Tidak ada masalah lagi,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Gatot Rudiyono, Senin (2/1).

Pemprov Kalbar telah merampungkan beberapa hal terkait persiapan pembangunan pelabuhan bertaraf internasional itu, di antaranya rincian anggaran, analisis masalah dampak lingkungan, dan lainnya.

"Sudah diajukan, tapi Pemerintah Pusat masih konsentrasi untuk Natuna,” ujar Rudi.

Rudi menjelaskan,dalam pembangunan pelabuhan itu, disediakan dermaga khusus untuk kapal ikan. Pelabuhan Temajuk dirancang sebagai kawasan pengamanan karena berada di wilayah perbatasan, dengan menyediakan dermaga khusus kapal perang.

"Kalau sekarang, kapal-kapalnya ada di Pontianak," jelas Rudi.

Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya mengatakan anggaran pembangunan pelabuhan yang berfungsi untuk terminal perikanan, keamanan dan pelabuhan khusus, dilakukan secara bertahap.

"Di Sambas, dananya disiapkan bertahap," kata Christiandy. (umr)

Baca Juga:
Kecelakaan Feri Zahro Express, Menteri Budi Copot Kepala KSOP 
Pasokan BBM di Kecamatan Air Upas Kosong
Jemaah Umrah Asal Sambas Dikabarkan Terlantar