Ini Sebab Kolam Renang Ampera Belum Dioperasionalkan

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1364

Ini Sebab Kolam Renang Ampera Belum Dioperasionalkan
BERSIHKAN - Petugas kebersihan Kolam Renang Ampera di Jalan Ujung Pandang II, Pontianak Kota, Jumat (3/2/2017), tengah membersihkan kolam. (SP/Kristiawan Balasa)
PONTIANAK, SP - Sejak diresmikan 29 November 2016, kolam renang Ampera di Jalan Ujung Pandang II, Kota Pontianak, hingga kini belum dioperasionalkan.  Anggaran untuk pembangunan kolam renang itu mencapai Rp 24,7 miliar, bersumber dari APBD Kota Pontianak tahun 2014 hingga APBD 2016.

Menurut Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, belum dibukanya kolam renang milik Pemkot Pontianak itu untuk masyarakat umum, lantaran belum adanya pengelola serta adanya kesalahpahaman tentang pendapatan dari kolam renang itu.

"Kolam renang itu ada yang salah dari Disperindag. Jadi, dia (Disperindag) berpikiran itu retribusi, kalau retribusi itu harus sampai Depdagri, aturannya. Saya bilang itu bukan retribusi, kalau kerja sama dengan pihak ketiga namanya kontribusi," tegas Sutarmidji.

Dengan sistem itu (kontribusi), artinya tak perlu ke Depdagri, hanya perlu diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwa), karena sudah tercantum dalam perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota dengan pihak ketiga.

Sutarmidji mengatakan urusan itu sebenarnya urusan sepele. "Saya maunya supaya murah, kan kita tidak cari untung, karena ini fasilitas untuk masyarakat, sepanjang bisa untuk operasional saja sudah lebih dari cukup," katanya.

Diungkapkan Sutarmidji, pengelolaan kolam renang Ampera akan dilakukan  Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

"Saya bilang, sudah kita jangan cerita kerja sama pihak ketiga dulu, sekarang kelola sendiri, karcisnya murah, bisa cuma Rp10-15 ribu. Kalau dikelola pihak ketiga bisa Rp20-25 ribu. Kan, kasihan orang. Nanti untuk pelajar beda lagi. Insya Allah dalam 10 hari sudah harus operasional," tegasnya.

 Adnan (43), petugas kebersihan kolam renang Ampera, ketika ditemui, Jumat (3/2/2017), mengakui sudah banyak yang datang ke lokasi itu.

“Ya terpaksa disuruh pulang, karena memang belum dibuka. Kalau dibiarkan, nanti ada apa-apa kan susah," kata Adnan. (bls)

Baca Juga:
Kesulitan Anggaran, Persipon Terancam Tidak Tampil di Divisi Utama 2017
BAP OTT Pungli di Pelabuhan Dwikora Dilimpahkan ke Jaksa
Repalianto: Jangan Percaya Oknum Janjikan Kelulusan Tes Tenaga Kontrak