q Suara Pemred − Ratusan Warga Antusias Ikuti Baksos TNI

Ratusan Warga Antusias Ikuti Baksos TNI

Ponticity

Editor Tajil Atifin Dibaca : 361

Ratusan Warga Antusias Ikuti Baksos TNI
periksa- Petugas Kesehatan sedang memeriksa pasien layanan KB dalam Baksos dalam rangkat Hut TNI ke-72 di Makodam/XII Tpr, Rabu (4/10)
PONTIANAK, SP - Ratusan masyarakat mengikuti Bakti Sosial yang diadakan  Makodam XII/Tpr dalam memperingati Hari Jadi Tentara Nasional Indonesia yang ke-72, Rabu (4/10). Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena sangat meringankan beban mereka, terutama ekonomi kelas bawah.

Salah satu warga Rasau Jaya, Sinah (50) merasa terbantu dengan pengobatan massal itu. Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, dia cukup kerepotan. “Kegiatan ini sangat bagus, saya merasa terbantu sekali, karena untuk makan saja pendapatan pas-pasan, dengan adanya berobat gratis  yang diadakan oleh TNI ini sangat membantu saya,” jelasnya.

Koordinator Baksos, Kolonel Arhanud Jama’ah menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun dalam memperingati Hari Jadi TNI. Adapun sasaran dalam baksos ini adalah masyarakat umum serta pihak TNI. Selain itu pihak TNI juga menggandeng beberapa instansi lain dalam gelaran kali ini. Kegiatan pagi itu, menargetkan 750 kantong darah, pengobatan massal dengan peserta sekitar 1.000 orang, dan layanan Keluarga Berencana (KB) sekitar 100-160 orang. “

Untuk ke depannya, harapan saya kegiatan ini terus-menerus dapat dilaksanakan karena tujuannya semata-mata untuk melayani masyarakat,” ucapnya. Sementara itu, Ketua Bakti Sosial, Dr. Andi Eko mengatakan bahwa kegiatan ini telah dipersiapkan satu bulan sebelumnya. Baksos ini melibatkan 100 orang personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

“Kegiatan ini dilakukan melalui proses perencanaan, lalu menerima perintah dari atasan, dan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi yang terkait,” ungkapnya.  

Bina kesehatan KB Jalur Kesertaan dan KB Jalur Pemerintah dan Swasta BKKBN Kalbar, Abdusalam mengatakan kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan.

 “Untuk menyosialisasikan pentingnya program KB ini, BKKBN bermitra dengan pihak TNI, Bhayangkara maupun momen-momen lain yang berkaitan dengan kegiatan seperti bakti sosial ini karena jika hanya mengandalkan program kerja dari BKKBN saja, akan kurang maksimal,” tuturnya.

Selain itu, Abdusalam juga berpesan kepada masyarakat, terkait pentingnya program KB. Seperti penggunaan alat kontrasepsi bagi masyarakat yang sudah paham. Mereka diminta menyampaikan kembali kepada yang masih awam terkait hal tersebut. (awa)
 

Komentar