Menyatukan Pemuda Buddha Melalui Buddhist Inside I

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 354

Menyatukan Pemuda Buddha Melalui Buddhist Inside I
FOTO BERSAMA - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berfoto bersama pengurus Hikmabudhi dan para undangan dalam kegiatan Buddhist Inside I, Sabtu (2/12). (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Himabudhi) cabang Pontianak, mengadakan Buddhist Inside I, yang mengusung tema ‘Mahasiswa Buddhis: Pelestari Dharma, Penjaga Kebhinekaan’, di aula BLKI, Jalan Abdul Rahman Saleh, Sabtu (2/12) dan Minggu (3/12).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Pontianak Yandi, serta Perwakilan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalbar.

Ketua PC Himabudhi Pontianak, Luciana Yulia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengkaderan umat Budha yang ada di Kota Pontianak, khususnya untuk para pemuda dan pemudi.

“Jadi kan kalau misalnya di Pontianak, sementara ini kan belum ada kegiatan yang menyatukan seluruh pemuda. Jadi harapannya kita satukan di sini, berikan pemahaman dan materi,” katanya.

Dia menuturkan, dalam rangkaian kegiatannya, Buddhist Inside I akan diisi dengan materi, ajang kreasi dan outbond.

“Sabtu (2/12) ada materi dari pimpinan agama, kemudian juga ada materi dari ketua umum ada ajang kreasi. Minggu (3/12) ada debat dan diskusi kasus, jadi mereka juga diajarkan untuk peka dengan masalah-masalah. Terus ada materi lagi dari bapak Yandi, kemudian ada outbond dan pengukuhan anggota,” imbuhnya.

Jumlah anggota Himabudhi di Kota Pontianak, disampaikannya berjumlah 40 sampai 50 orang, dari seluruh universitas yang ada. Organisasi mahasiswa keagamaan tersebut masih tergolong baru.

Materi yang akan disampaikan dalam kegiatan tersebut terdiri dari materi pengenalan agama, pengenaln Hikmabudhi dan kebhinekaan.

“Jadi kita lebih ke pendalaman agama dulu. Kalau agama udah oke, baru kita kontribusi terhadap negara,” tuturnya.

Luci berharap, kegiatan tersebut para anggota dapat lebih mengerti tentang kebhinekaan dan keberagaman. Serta belajar tentang kiat-kiat menjaga keberagaman tersebut.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, tema kegiatan yang diangkat dalam Buddhist Inside sangat bagus.

Dia berharap bahwa tema yang diangkat tersebut, dapat benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (aan)