q Suara Pemred − Bukan Cuma Pontianak, Angin Kencang Juga di Lima Daerah di Kalbar

Bukan Cuma Pontianak, Angin Kencang Juga di Lima Daerah di Kalbar

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 364

Bukan Cuma Pontianak, Angin Kencang Juga di Lima Daerah di Kalbar
TUMBANG - Pohon tumbang di Jalan HOS Cokroaminoto akibat angin kencang, Senin (4/12). (SP/Balasa)
PONTIANAK – Tiupan angin kencang tidak hanya terjadi di Kota Pontianak, Senin (4/12) Namun juga terjadi di enam lokasi di kabupaten/kota di Kalbar. Diperkirakan, angin kencang ini disertai hujan dengan intensitas deras dan petir.

Prakirawan BMKG Kalimantan Barat, Sutikno menerangkan daerah tersebut yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem seperti terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai deras disertai kilat atau guntur petir dan angin kencang itu, terjadi di sebagian wilayah Kota Pontianak dan Singkawang, serta Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara, Mempawah dan Bengkayang.

“Bahkan diprediksi meluas hingga Kabupaten Ketapang dan Sambas," ujar Sutikno.

Dia menjelaskan, cukup kuatnya suhu udara beberapa hari terakhir dan kurangnya hujan beberapa hari terakhir, menyebabkan proses labilitas udara cukup kuat di pesisir barat Kalbar. Sehingga menyebabkan fenomena angin kencang dan hujan ringan hingga lebat.

Pergerakan awan ini juga diperkirakan akan bisa meluas ke wilayah Kalbar lainnya seperti Kabupaten Landak, Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau, Sintang, Melawi hingga Kapuas hulu. (*)