Sultan Pontianak Ingin Revitalisasi Istana Kadriah Berlanjut

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 393

Sultan Pontianak Ingin Revitalisasi Istana Kadriah Berlanjut
Revitalisasi Istana Kadriah Pontianak. (ist)
PONTIANAK, SP - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucurkan Rp2 miliar untuk revitalisasi Istana Kadriah, Pontianak. Proyek itu sudah selesai dengan enam bagian yang digarap. Namun masih ada bagian yang harus diperbaiki.

Sultan Pontianak, Syarif Machmud Melvin Alkadrie berharap, revitalisasi Istana Kadriah yang dilakukan pemerintah bisa terus berlanjut. Dia berterima kasih atas perhatian yang diberikan.

Dia mengungkapkan, masih banyak hal di Istana Kadriah yang perlu dibenahi. Beberapa ornamen juga harus dikembalikan ke bentuk semula. Malah ada sebagian barang yang sudah tidak ada.

"Semoga ke depan dapat kita bangun yang sudah tidak ada lagi, dan item lainnya," ucapnya.

Sultan IV Pontianak ini ingin perbaikan tak hanya di fisik, tapi juga yang lain. Dia mencontohkan, beberapa bagian istana catnya mulai pudar. Sementara item yang mau diadakan kembali misalnya bangunan di belakang istana. Dulu, di tempat itu ada rumah panggung. Ada pula beberapa kolam yang sudah tidak berfungsi.

"Kita akan fungsikan kembali. Ada beberapa rumah juga yang dulunya ada dan sekarang tidak ada. Semoga ke depan pemerintah pusat lebih memperhatikan Istana Kadriah, supaya nilai budaya dan marwah budaya yang ada di Kota Pontianak terangkat," harapannya.

Dia pun ingin kerabat yang tinggal di istana, jika rumah di belakang istana kembali dibangun, bisa pindah ke sana. (bls)