q Suara Pemred − Jalan Budi Utomo Pontianak Belum Kuat untuk Angkutan Berat

Jalan Budi Utomo Pontianak Belum Kuat untuk Angkutan Berat

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 471

Jalan Budi Utomo Pontianak Belum Kuat untuk Angkutan Berat
Truk kontainer. (net)
PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi menjelaskan untuk menjawab permintaan warga Pontianak Utara yang ingin lalu lintas kendaraan bertonase besar dialihkan sepenuhnya dari Jalan Khatulistiwa dan Jalan Gusti Situt Mahmud ke Jalan Budi Utomo dan Jalan 28 Oktober, bisa saja dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

"Mungkin truk kontainer yang tidak ada angkutan (beban bawaan), akan diarahkan ke Jalan Budi Utomo, namun yang membawa barang, akan tetap melewati Jalan Khatulistiwa, karena itu jalan dipelihara nasional atau pemerintah pusat," kata Utin, Kamis (21/12).

Alasan hanya kendaraan besar tidak bermuatan saja yang kiranya akan diperbolehkan melewati Jalan Budi Utomo dan Jalan 28 Oktober, karena kekuatan jalan.

Dua jalan itu merupakan jalan kota. Sementara berdasarkan Peraturan Wali Kota Pontianak Nomor 48 Tahun 2016, Jalan Khatulistiwa dan Jalan Gusti Situt Mahmud, memang masuk jalan nasional dan bisa dilewati semua jenis kendaraan.

"Namun melihat perkembangan jumlah kendaraan dan kepadatan penduduk berkembang, akan ada rekayasa lalu lintas, dan akan konsultasi ke Wali Kota Pontianak soal ini," jelasnya.

Pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut untuk hal tersebut. Sama halnya seperti yang diungkapkan Wali Kota Pontianak, Sutarmidji sehari sebelumnya. (bls)