Uskup Agung Pontianak: Syukuri Perbedaan Sebagai Kekayaan Kehidupan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 356

Uskup Agung Pontianak: Syukuri Perbedaan Sebagai Kekayaan Kehidupan
IBADAH - Umat Kristiani beribadah di Rumah Radakng, sebelum kedatangan Presiden Jokowi, Kamis (28/12). (SP/Jaka)
PONTIANAK, SP - Usai dilaksanakan ibadah Natal, Uskup Agung Pontianak, Agutinus Agus menyampaikan pidato dan pesan Natal, pada perayaan Natal Nasional di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kamis (28/12).

Dalam pidatonya, Agustinus mengajak seluruh umat Kristiani yang hadir, untuk berdoa agar perayaan Natal tahun ini mendorong dan menyemangati, untuk belajar dan mengembangkan kemampuan. Serta menerima perbedaan dan mensyukurinya, sebagai kekayaan kehidupan bersama di negeri tercinta ini.

Hidup penuh kedamaian, katanya, menjadi dambaan setiap orang. Damai yang dikumandangkan para malaikat dua ribu tahun yang lalu masih jauh dari kenyataan.

"Di dunia bahkan di dalam negara tercinta ini, Negara Indonesia, suasana hidup penuh kedamaian harus terus kita perjuangkan," tegas Agustinus.

Dewasa ini kata Agustinus, kita dikenakan oleh situasi di mana persatuan sebagai bangsa sedang terancam perpecahan.
Keresahan dan kecemasan semakin terasa di beberapa tahun belakangan ini. Ada pihak-pihak dalam memperjuangkan kepentingannya, secara samar-samar terang-terangan, tergoda untuk menempuh jalan dan cara yang berbeda dan bertentangan Pancasila.

"Hal ini terlihat dari banyak aksi dan peristiwa, dalam persaingan politik yang tidak sehat, menghalalkan segala cara,” katanya.

Situasi damai menurutnya, menjadi tanggung jawab semua pihak untuk mempertahankannya.

"Kita semua dipanggil untuk menjadi agen-agen perdamaian dalam kata dan perbuatan kita, suasana damai tentu tidak bisa kita perjuangkan sendiri-sendiri," pungkasnya. (jek)