BKPRMI Gelar Musyawarah Wilayah dan Pemilihan Ketua

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 313

BKPRMI Gelar Musyawarah Wilayah dan Pemilihan Ketua
PIDATO - Ketua Umum DPW BKPRMI Kalbar periode 2015/2018, DR. H. Yafandi Ramli, M. Pd, saat menyampaikan kata sambutan pada prosesi pembukaan musyawarah wilayah BKPRMI, di Grand Kartika Hotel, Kamis (11/1). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kalbar, menggelar Musyawarah Wilayah VI dan Latihan Manajemen Dakwah (LMD), di Grand Kartika Hotel, Pontianak, Kamis (11/01) malam.

Ketua Umum DPW BKPRMI Kalbar (2015/2018), DR. H. Yafandi Ramli, M. Pd mengatakan bahwa pada rangkaian Musyarawarah Wilayah (Muswil) VI BKPRMI Provinsi Kalbar memiliki dua agenda kegiatan, yaitu dikaitkan dengan kegiatan pelatihan pemuda pelopor yang berisi latihan manajemen dakwah.

Dia menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membekali tiga integritas pemuda remaja masjid, yang pertama dikatakannya yaitu kuat akidah dan keyakinan, kedua memiliki ahklak mulia dan yang ketiga memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni untuk menghadapi abad global saat ini.

“Ketiga hal itu, menjadi integritas akan kapasitas dirinya. Dengan latihan ini kita melihat bagaimana memotivasi keyakinan yang sudah dimiliki, ilmu yang sudah dimiliki, kemudian keterampilan yang sudah ada, tapikan motivasinya rendah, olehkarena itu kita mendorong mereka terbangunkan mainset untuk berubah menghadapi zaman saat ini,” katanya.

Dalam menghadapi zaman saat ini, dia mengatakan bahwa para kader memerlukan kapasitas diri, dengan membangun tiga konsep penting kehidupan yaitu membangun akidah yang benar, keyakinan yang kuat dan memiliki akhlak yang mulia.

Ketiga konsep tersebut menurutnya sangat penting untuk dimiliki kader-kader remaja masjid Indonesia.

Berikutnya, dia mengatakan bahwa kader perlu memiliki komitmen untuk membangun Kalbar secara khusus, dalam menghadapi tantangan global seperti kenakalan remaja, narkoba dan lain-lain.

“Inikan perlu kapasitas yang kuat yang harus dimiliki remaja tadi dengan tiga konsep itu. Saya kira itu yang paling kita fokuskan dalam kajian kita hari ini sampai besok,” imbuhnya.

Setelah pembukaan, kegiatan tersebut akan dilanjutkan kepada tahap musyawarah, yang dimaksudkan untuk memilih kepemimpinan yang baru, untuk melanjutkan tampuk kepemimpinan BKPRMI Provinsi Kalbar, pada periode 2018-2021.

Dia mengatakan bahwa panitia telah mengundang seluruh pengurus kabupaten yang ada di Kalbar, yang telah hadir terdiri dari delapan kabupaten. Yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Landak.

Musyawarah dimulai dengan melakukan prosesi pembukaan, setelah itu akan dilanjutkan dengan pelatihan dan dilanjutkan dengan agenda musyawarah hingga keesokan harinya. (rah/ind)