Razia Layangan, Satpol-PP: Mainnya Curi-curi, Lokasinya Sulit Dijangkau

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 492

Razia Layangan, Satpol-PP: Mainnya Curi-curi, Lokasinya Sulit Dijangkau
Tali kawat layangan yang membahayakan. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pontianak kembali melakukan razia layangan di kawasan Sungai Jawi, Minggu (28/1).

Tapi sayang, kembali petugas cuma dapat gelundungan dan layangan. Pemainnya keburu lari tunggang langgang.

Kasatpol-PP Pontianak, Syarifah Adriana sampai bingung, sudah sering dirazia tapi tetap ramai yang bermain. Malah sudah ada warga yang diberi tindak pidana ringan sampai Rp1 juta. Sosialisasi larangan, jangan ditanya.

"Pada biasanya pemain layangan sering curi-curi bermain layangan, kadang lokasinya juga sulit untuk dijangkau," katanya, Senin (29/1).

Soal razia, dia mengatakan itu merupakan kegiatan rutin satuannya. Satu minggu tiga kali. Tak jarang razia dilakukan mengikuti laporan masyarakat.

"Kita akan tetap menjurus pada penegakan peraturan dan pasti akan di tipiring," tegasnya.

Sudah ada ribuan layangan, gelundungan dan gerenda yang diamankan satuannya. Tapi masyarakat tak kunjung jera. Untuk razia kemarin, semua barang bukti sudah disita.

"Pada sekarang ini barang bukti yang diamankan sekitar puluhan terdiri dari gelasan dan kawat. Untuk di tahun lalu sekitar ribuan," katanya.

Dia yakin, sebenarnya para pemain layangan sudah tahu adanya larangan. Tapi mereka terus berusaha bermain. Namun dengan adanya razia, permainan yang semula dilakukan terang-terangan, berubah jadi sembunyi-sembunyi. (bls)