q Suara Pemred − 12 Parpol Tingkat Provinsi Lolos Verifikasi Kepengurusan

12 Parpol Tingkat Provinsi Lolos Verifikasi Kepengurusan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 363

12 Parpol Tingkat Provinsi Lolos Verifikasi Kepengurusan
Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar, menyatakan 12 partai politik (parpol) tingkat provinsi lolos dalam verifikasi kepengurusan parpol calon peserta Pemilu 2019.

Ke-12 parpol yang kemudian diserahkan berita acara (BA) hasil verifikasi, yakni NasDem, PKB, PDIP, PKS, Gerindra, Golkar, Demokrat, Hanura, PAN, PPP, PBB, dan PKPI.

"Untuk 12 partai politik ini dinyatakan memenuhi syarat," ujar Ketua KPU Provinsi Kalbar Umi Rifdiyawati, kepada Suara Pemred, Rabu (31/1).

Verifikasi kepengurusan dilaksanakan selama dua hari, 29-30 Januari. Umi mengatakan, verifikasi meliputi struktur ketua, sekretaris, dan bendahara, serta item lainnya.

"Memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan dan domisili kantor," terangnya.

Untuk bisa menjadi peserta Pemilu 2019, Umi menerangkan verifikasi tidak cukup di tingkat provinsi saja. Akan tetapi masih menunggu verifikasi di tingkat kepengurusan kabupaten/kota.

"Kalau provinsinya sudah selesai, tinggal mereka memastikan di kabupaten/kota partai politiknya juga bisa memenuhi syarat," katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan, berdasarkan undang-undang, terkait kepengurusan ini parpol harus memiliki 100 persen kepengurusan di seluruh provinsi.

Kemudian di tingkat provinsi, sambung dia, wajib memenuhi syarat minimal 75 persen kepengurusan tingkat kabupaten/kota.

"Kemudian setiap kabupaten/kota ada 50 persen kecamatan. Kalau kecamatan ini dia kemarin (sudah) ya pada saat laporan administrasi," ujarnya.

"Dan sekarang menindaklanjuti putusan MK itu keanggotannya tersebar di sekurang-kurangnya 50 persen kecamatan," jelas Umi.

Ia mengatakan, 75 persen kepengurusan dari 14 kabupaten/kota di Kalbar, yakni sekurang-kurangnya memenuhi syarat di 11 daerah. (umr)