Perbaikan Syarat Usmulyadi-Wawan Diumumkan 12 Februari

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 203

Perbaikan Syarat Usmulyadi-Wawan Diumumkan 12 Februari
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak akan mengumumkan hasil verifikasi faktual (verfak) syarat dukungan perbaikan bapaslon Pilkada Kota Pontianak jalur perseorangan, Usmulyani-Wawan, pada 12 Februari mendatang.

"Penentuan di tingkat kota itu di tanggal 12 Februari 2018. Tanggal 12 baru bisa kami umumkan secara langsung," ujar Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi kepada awak media, belum lama ini.

Verfak kedua setelah adanya perbaikan syarat dukungan bapaslon Usmulyani-Wawan, dilaksanakan sejak 30 Januari sampai dengan 5 Februari kemarin.

Sujadi menjelaskan, verifikasi yang dilakukan PPS di masing-masing kelurahan di mana pendukung bapaslon dikumpulkan di satu tempat, selanjutnya diplenokan dikolektifkan di tingkat PPK di kecamatan.

"Petugas kami di PPS melakukan pleno menentukan memenuhi syarat atau tidaknya berapa jumlah memenuhi syarat berapa tidak dari dukungan di setiap kelurahan. Nanti kita kolektifkan per kecamatan rekap di kecamatan, nanti direkap di tingkat kota," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui memenuhi atau tidaknya syarat dukungan jalur perseorangan, bisa dipantau melalui rekapitulasi di enam kecamatan.

Namun, sambung dia, secara resmi akan diumumkan bersamaan dengan penetapan masing-masing bapaslon menjadi paslon.

"Jadi kalau masyarakat mau tahu secara detilnya, bisa menyaksikan rekap di enam kecamatan. Dari enam kecamatan itu sudah bisa diketahui berapa jumlahnya" kata Sujadi. (umr/jee)