Tumbuhkan Nasionalisme, SMAN 3 Pontianak Gelar Lomba Paskibra dan Donor Darah

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 499

Tumbuhkan Nasionalisme, SMAN 3 Pontianak Gelar Lomba Paskibra dan Donor Darah
Pembukaan Lomba Konfigurasi Pengibaran Bendera di SMAN 3 Pontianak, Sabtu (10/2). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - SMA Negeri 3 Pontianak, melaksanakan lomba konfigurasi pengibaran bendera, yang diikuti perwakilan sekolah SMP dan SMA di Kota Pontianak dan sekitarnya, yang dilaksanakan di halaman SMA N 3 Pontianak, Jalan WR Supratman, Kecamatan Pontianak Selatan, Sabtu (10/2).

Ketua Panitia, Chairul Adam, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan pelajar. Untuk meningkatkan kreativitas dan pengetahuan tentang peraturan baris-berbaris, serta sebagai sarana prlajar untuk dapat lebih berkreasi dalam peraturan baris-berbaris.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan tersebut, terdiri dari lomba pengibaran bendera konfigurasi untuk tingkat SMP dan SMA, serta kegiatan donor darah. Pihaknya telah mengundang Sabhara Polresta Pontianak, Polda Kalbar, SPN, Korem 1207 BS, Lantamal XII, Lanud Supadio dan Brimob.

Peserta yang mengikuti perlombaan tersebut pada kategori SMP diikuti 15 peserta dan pada tingkat SMA diikuti 20 peserta.
Dalam perlombaan tersebut, panitia lebih menitik beratkan pada proses pengibaran bendera, dikarenakan pengibaran bendera memiliki aspek penting.

“Jadi tu gimana dia mengibarkan bendera teknisnya bagaimana, trus kekompakan mereka bagaimana, juga bakal dilihat pad lomba sama para juri,” katanya.

Kategori penilaian yang akan diperhatikan yaitu kekompakan, kerapian barisan, ketegasan barisan. Sementara untuk aspek komandan akan dilihat bagaimana kepemimpinan dalam membawakan pasukannya. Selanjutnya pembawa baki juga akan dinilai bagaimana cara pembawaan baki yang benar.

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan sebagai bagian dari program kerja tahunan.
Untuk pelaksanaan kegiatan, pada hari Sabtu (10/2), perlombaan akan dilangsungkan untuk kategori SMP, yang akan langsung diumumkan juaranya.

“Cuma untuk pembagian hadiah sama piala digabungkan besok sore (Minggu 11/2) sama dengan anak SMA. Jadi sekalian pembagian hadiah piala, piagam dan uang pembinaannya juga,” imbuhnya.

Perlombaan tersebut dinilai oleh juri-juri dari Kodam XII TPR, Dansat Brimob dan Purna Paskibraka Indonesia.
Kegiatan tersebut dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Waka Kesiswaan yang bertindak sebagai pembina upacara, sekaligus membuka kegiatan dengan pemukulan gong dan pelepasan balon, yang selanjutnya diisi dengan pertunjukan tarian dari siswi SMA N 3 Pontianak. (rah)