q Suara Pemred − Aliansi Mahasiswa Kalbar Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Umat Katolik Gedog

Aliansi Mahasiswa Kalbar Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Umat Katolik Gedog

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 1191

Aliansi Mahasiswa Kalbar Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Umat Katolik Gedog
Teatrikal aliansi mahasiswa Kalbar, Senin (12/2). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Aliansi mahasiswa Kalbar, mengutuk keras aksi intoleransi dan kekerasan yang menimpa umat Katolik Gereja Santa Lidwina Gedog, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yang terjadi belum lama ini.

Aliansi yang terdiri dari gabungan organisasi kemahasiswaan, yaitu PMKRI, PMII, GMNI, GMKI, dan Hikmahbudhi ini menyampaikan empat pernyataan sikapnya.

Ketua BPC GMKI Kota Pontianak, Kaleb Elevensi, menegaskan mengecam keras tindakan arogansi terhadap penyerangan gereja yang dapat melukai nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan ini.

Kedua, mendesak negaran untuk hadir dan melakukan upaya-upaya preventif yang mencegah hal-hal tersebut kembali terulang.

"Dan sekaligus melindungi setiap tumpah darah Indonesia dari usaha-usaha oknum/kelompok tertentu yang ingin merampas hak dan kebebasan orang lain dengan alasan dan tujuan apapun," katanya saat jumpa pers di Pontianak, Selasa (12/2).

Ketiga, mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas aktor di balik tindakan kekerasan tersebut secara transparan, untuk mengungkap apa motif yang melatarbelakangi penyerangan itu.

"Keempat, mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing serta terprovokasi, demi menjaga kondusifitas kerukunan antar umat beragama," pungkasnya.

Usai jumpa pers, aliansi mahasiswa Kalbar ini menutup dengan persembahan teaterikal. Penampilan mahasiswa ini berisikan pesan bahwa intoleransi harus menjadi musuh bersama. (umr)