KPU dan Tim Paslon Pilgub Kalbar Sepakat Revisi Jadwal Debat Publik dalam Masa Kampanye

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 663

KPU dan Tim Paslon Pilgub Kalbar Sepakat Revisi Jadwal Debat Publik dalam Masa Kampanye
Komisioner KPU Kalbar, Misrawi. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Jadwal debat publik tiga pasangan calon (paslon) dalam Pilgub Kalbar 2018 yang semula telah ditetapkan, mengalami perubahan karena bertepatan dengan hari besar keagamaan.

Semula, tiga kali debat yang merupakan bagian dari tahapan masa kampanye dijadwalkan digelar pada 31 Maret, 5 Mei, dan 21 Juni.

“Ternyata di tanggal 30 (Maret) itu hari libur keagamaan. Kemudian ditangkap 31 itu ada ibadah bagi umat kristiani. Kan kita sudah komitmen bahwa tidak boleh ada kegiatan kampanye dalam bentuk rapat umum di hari-hari besar,” ujar Komisioner KPU Provinsi Kalbar, Misrawi, di Pontianak, Rabu (28/2).

Perubahan jadwal ini kembali dibahas KPU dengan melibatkan masing-masing tim paslon di Kantor KPU Provinsi, Selasa (27/2).

Sesuai kesepakatan, debat pertama akan dilaksanakan pada 7 April. 

“Sementara debat publik kedua dan ketiga tidak ada perubahan. Dan beberapa yang kita sepakati dan kita revisi, tanggal 2 (Maret) itukan Cap Go Meh. Itu kita sepakati itu tidak boleh ada kegiatan kampanye dalam bentuk rapat umum” terangnya.

Ia menjelaskan, kesepakatan bersama untuk tidak melaksanakan kampanye pada hari besar keagamaan ini pada masa kampanye 15 Februari-23 Juni, hanya untuk kampanye rapat umum. Sedangkan bentuk kampanye lainnya diperbolehkan.

“Kampanye dalam bentuk tatap muka, pertemuan itu boleh. Asalkan memberitahukan sebelumnya,” kata Misrawi. (umr)