840 Komputer untuk 100 persen UNBK SMPN

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 229

840 Komputer untuk 100 persen UNBK SMPN
Kadisdik Pontianak, Mulyadi. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak memberikan bantuan 840 unit komputer untuk menyukseskan 100 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Negeri di Kota Pontianak.

Beda dengan tahun lalu hanya ada 11 sekolah swasta yang jadi peserta UNBK. Total 26 sekolah negeri yang ada semuanya menjalankan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

"Tinggal dihitung saja sekolah negeri itu ada 26, ada dua sekolah yang dapat 60 komputer, yang lainnya 24 sekolah dapat 30 komputer," kata Kepala Disdikbud Pontianak, Mulyadi usai memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 2 Pontianak, Senin (23/4).

Mulyadi menjelaskan secara jumlah sekolah yang menggelar UNBK tahun ini meningkat dari tahun lalu, dari sebelumnya hanya 11 sekolah menjadi 55 sekolah dengan persentase 92,03 persen. Secara rinci jumlah sekolah yang menggelar UNBK adalah 26 SMP negeri, 26 SMP swasta, 2 MTs negeri dan 1 MTs swasta.

Sementara jumlah peserta UNBK keseluruhan berjumlah 9.500 peserta, sedangkan peserta UNKP sebanyak 1.957 sehingga total 11.457 peserta. Untuk UNKP, naskah soal dibagi empat lokasi, yakni SMPN 20 yang mencakup wilayah Pontianak Utara, SMPN 1 mencakup Pontianak Timur, Barat, Selatan, Tenggara dan Kota. Kemudian di MTsN 1 dan MTsN 2.

"Ada sekolah yang melaksanakan UNBK 2 shift dan ada yang 3 shift. Tergantung jumlah siswa dan sarana yang tersedia," ucapnya.

Dari pemantauan pihaknya ke sekolah-sekolah, pelaksanaan UNBK dan UNKP dinilainya berjalan lancar. Dia mengimbau, siswa peserta ujian tidak perlu cemas apabila ada gangguan dari pusat dalam pelaksanaan UNBK. Kemungkinan besar, hal itu terjadi disebabkan pelaksanaan UNBK serentak sehingga terkadang terhenti beberapa saat.

"Jangan panik karena itu tidak akan mengurangi waktu. Malah waktunya disesuaikan dengan yang dibutuhkan," pungkasnya. (bls)