Kejaksaan Usut Bantuan PAUD dari Dinas Pendidikan Pontianak

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 429

Kejaksaan Usut Bantuan PAUD dari Dinas Pendidikan Pontianak
Kasipidsus Kejari Pontianak, Juliantoro. (ist)
PONTIANAK, SP – Kejaksaan Negeri Pontianak tengah melakukan penyidikan perkara dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Kota Pontianak terkait pengadaan alat peraga edukatif kepada sebanyak 45 pendidikan anak usia dini (PAUD).

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Pontianak, Juliantoro mengatakan, pengadaan barang dengan pagu dana Rp300 juta yang berasal dari APBD tahun 2015 tersebut, sejatinya untuk PAUD yang dikelola secara mandiri dan PAUD di bawah binaan PKK seluruh Kota Pontianak.

“Awal mula penyelidikan di awal tahun. Dan sejak April 2018 kemarin, kami tingkatkan ke penyidikan,” kata Juliantoro, Minggu (13/5).

Guna mengungkap kasus tersebut, Kejari telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang saksi. Dan Juliantoro menegaskan, akan memanggil semua pihak yang ditengari mengetahui perkara tersebut.

 “Modusnya adalah pengadaan barang tidak sesuai dengan volume dan spesifikasi yang seharusnya. Ada juga modus lain, tapi itu nanti akan kita ungkap di pengadilan,” terangnya.

Dia menjelaskan, anggaran sebesar Rp300 juta tersebut terbagi menjadi dua paket pengadaan, yakni diberikan kepada sebanyak 30 PAUD yang dikelola mandiri dan 15 PAUD yang dikelola PKK di masing-masing kecamatan.

Kendati telah sampai tahap penyidikan, Kejari Pontianak masih belum menetapkan satu orang pun sebagai tersangka. Begitu juga dengan jumlah kerugian negara, yang masih belum dihitung. 

“Kita belum minta BPKP hitung. Dan kalau memang bisa sederhana, jaksa sebagai penyidik akan hitung sendiri kerugian negaranya,” ungkapnya. (ang)