Polda Kalbar Perketat Pemeriksaan Pengunjung

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 310

Polda Kalbar Perketat Pemeriksaan Pengunjung
Karo Ops Polda Kalbar, Kombes Pol Jayadi. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Polda Kalbar memberlakukan siaga satu dalam pengamanan kantor-kantor kepolisian, salah satunya di Mapolda Kalbar.

Pihak kepolisian memberlakukan pemeriksaan terhadap siapapun yang akan masuk ke area Mapolda. 

Petugas menggunakan helm dan rompi anti peluru dengan seksama memeriksa kendaraan-kendaraan dan orang-orang yang akan masuk dengan melakukan pengecekan identitas.

Karo Ops Polda Kalbar, Kombes Pol Jayadi dijumpai saat melakukan pengecekan SOP pengamanan di pos penjagaan Mapolda Kalbar, mengatakan bahwa dengan adanya kejadian di Jawa Timur, seluruh Polda di Indonesia meningkatkan kewaspadaan.

Termasuk juga dilakukan di Polda Kalbar dengan meningkatkan kewaspadaan, mulai dari level tingkat Polda, hingga level paling bawah termasuk Pos Pol.

“Itu yang menjadi catatan kita,” ujarnya.

Catatan kedua menurutnya, personel-personel yang bertugas sudah diinstruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama pada saat berada di lapangan dengan menerapkan buddy system. Anggota yang melaksanakan tugas tidak melakukan tugas secara sendiri-sendiri namun secara berkelompok.

Secara teknis pihaknya telah memiliki standar bagi para tamu-tamu yang datang di markas kepolisian, di tingkat Polda maupun tingkat Polres, dilakukan pemeriksaan.

“Kalau misalnya mobil box itu box nya dibuka, kemudian dilakukan pemeriksaan, jangan sampai ada barang-barang yang mencurigakan, itu kita lakukan pemeriksaan,” tambahnya.

Situasi pengamanan tersebut dikatakannya akan dikakukan seterusnya dengan tidak ada batas waktu, dengan harapan potensi-potensi dapat direduksi, sehingga tidak ada gangguan yang mengkhawatirkan di Kalbar dan seluruh jajaran. (rah)