TNI Amankan Bawang Putih dan Lelong Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 726

TNI Amankan Bawang Putih dan Lelong Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia
Barang bukti yang diamankan. (ist)
PONTIANAK, SP - Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yodha berhasil mengamankan bawang putih ilegal yang diselundupkan di perbatasan RI-Malaysia, Rabu (23/5).

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Letnan Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunte, membenarkan adanya penangkapan ratusan karung bawang putih asal Malaysia dan belasan karung pakaian bekas alias lelong, kepada sejumlah wartawan di Media Center Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Teuku Umar No. 47, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (25/5).

“Kejadian tersebut pada 23 Mei 2018 tepatnya pukul 19.30 WIB dan seluruh barang bukti sudah diserahkan ke Bea Cukai Entikong untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Dikatakannya, penangkapan tersebut berdasarkan laporan dari Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 511/Dibyatara Yodha, Letnan Kolonel Infanteri Jadi, yang berhasil melakukan penangkapan, dengan rincian sebanyak 120 karung bawang putih yang masing-masing berisikan satu karung bawang itu berisikan 20 kilogram. 

Sedangkan pakaian bekas yang berhasil diamankan berjumlah 11 bal. Dari kedua jenis barang tersebut tidak memiliki surat yang resmi ketika masuk ke Indonesia melalui perbatasan RI-Malaysia di Balai Karangan, Kabupaten Sanggau.

Dalam penangkapan tersebut diamankan tersangka berinisial P(30) bersama kernet atas nama Ac (35), serta kendaraan Toyota Kijang bernopol KB 1565 ML. Tersangka lain yang turut diamankan yaitu Ri (35), yang merupakan sopir pikap bernopol KB 8497 AO.

Seluruh tersangka menurutnya diamankan oleh anggota Satgas Yonif 511/DY di Pos Satgas Balai Karangan dipimpin Danpos Sertu Boni Mareta. (rah)