Sat Lantas Polresta Tindak Pengendara Tronton

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 390

Sat Lantas Polresta Tindak Pengendara Tronton
Razia cipta kondisi Satlantas Polresta Pontianak. (ist)
PONTIANAK, SP - Sat Lantas Polresta Pontianak menggelar operasi cipta kondisi bulan Ramadan dan menyambut Idulfitri, yang dilakukan di Jalan Rahadi Usman, Selasa (29/5) pagi.

Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan operasi tersebut, disamping untuk mencapai target juga untuk menindaklanjuti 
hasil analisa dan evaluasi laka lantas, terutama kendaraan angkutan berat seperti tronton, yang disinyalir para sopir kendaraan besar tersebut merupakan sopir cadangan, bukan asli.

Dari hasil Anev maupun target yang harus dicapai, dikatakannya bahwa pihaknya harus menekan atau mengendalikan angka kecelakaan fatalitas meninggal dunia ataupun luka berat.

“Pada hari ini kami bersinergi dengan Dishub, lebih kurang untuk personel kami  turunkan sebanyak 40 personel, dari Dishub lebih kurang 15 personel,” katanya.

Dari hasil operasi tersebut, pihaknya menjaring lebih kurang sebanyak 50 kasus dengan pelanggaran tidak memiliki surat menyurat kendaraan, tidak menggunakan helm dan perlengkapan.

Pada kendaraan berat sebanyak enam tilang dikeluarkan oleh Sat Lantas Polresta Pontianak, dengan pelanggaran KIR mati dan tidak menggunakan perisai kolong.

Terkait pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan berat, Salbiah mengatakan pihaknya akan terus melakukan operasi cipta kondisi dalam rangka bulan Ramadan dan menghadapi hari raya Idulfitri.

“Kemudian kami nanti akan bersinergi bersama Dishub, bersinergi bersama Dinas Kesehatan, kami juga akan memeriksa untuk pengemudi angkutan umum,” ujarnya. 

Pihaknya akan melakukan operasi penertiban yang direncanakan akan dilakukan di dua terminal, yaitu di terminal Batu Layang dan terminal antar negara Ambawang.

Selain memeriksa kondisi kendaraan, pihaknya juga akan akan memeriksa kondisi kesehatan para sopir juga. (rah)