Kemenag Kalbar Imbau Umat Muslim Salurkan Zakat ke Lembaga Resmi

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 999

Kemenag Kalbar Imbau Umat Muslim Salurkan Zakat ke Lembaga Resmi
Kepala Kanwil Kemenag Kalbar H Ridwansyah. (SP/Nak)
PONTIANAK, SP - Mengingat lebaran hanya tinggal menghitung hari, Kepala Kanwil Kemenag Kalbar H Ridwansyah mengimbau umat muslim Kalbar untuk menyalurkan zakat fitrah 1439 Hijriyah kepada badan atau lembaga resmi yang telah mendapat izin dari pemerintah.

Imbauan ini disampaikan dengan maksud dan tujuan agar nantinya zakat yang telah diserahkan bisa disalurkan secara efektif, tepat dan merata kepada  orang-orang yang berhak menerimanya.

“Kemenag Kalbar mendorong masyarakat untuk menyalurkan zakat fitrah kepada lembaga resmi,” ujar Ridwansyah, Selasa (12/6).

Memang, kata Ridwansyah sampai hari ini masih ada masyarakat muslim di Kalbar yang menyalurkan zakat secara langsung kepada orang-orang tertentu tanpa melewati perantara badan atau lembaga zakat seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Di kampung-kampung pola seperti ini masih sering dijumpai dimana biasanya zakat diberikan kepada guru ngaji atau langsung kepada orang yang dianggap berhak menerima dengan berbagai alasan. Walaupun pihak pengurus surau dan masjid telah melakukan upaya pengumpulan juga.

“Kita khawatirkan dalam pengendaliannya dapat menimbulkan masalah. Kalau melalui badan/lembaga kan punya pola yang sudah biasa diterapkan,” imbuhnya.

Pekara zakat, kata Ridwansyah yang diurusi tidak hanya untuk zakat fitrah saja, namun juga zakat profesi, zakat mal, infaq dan sedekah dan lembaga seperti BAZNAS yang dibentuk oleh pemerintah secara berjenjang sampai kabupaten/kota, itulah yang nantinya akan melakukan pengumpulan, pengelolaan dan penyaluran zakat ke masyarakat yang berhak untuk menerima.

“Kami mengimbau BAZNAS, UPZ, LAZ dan lainnya untuk bisa bekerja profesional dan proaktif kepada masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan pelaksanaan zakat,” harapnya.

Kemenag dalam hal ini, lanjutnya lebih kepada peran pembinaan dan monitoring pelaksanaan zakat. Pihaknya berharap jumlah zakat fitrah yang disalurkan umat muslim melalui BAZNAS Kalbar mengalami peningkatan tahun 2018 ini.

“Kemenag berharap angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun, lantas tersalurkan dan didayagunakan sesuai tujuannya,” tuturnya. (nak)