Masyarakat Kalbar Akan Bisa Bayar Pajak Kendaraan Dimana Saja

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 1985

Masyarakat Kalbar Akan Bisa Bayar Pajak Kendaraan Dimana Saja
Ilustrasi. (Net)
PONTIANAK, SP - Kabar gembira bagi para pemilik kendaraan di wilayah Kalbar. Dirlantas Polda Kalbar, bekerjasama dengan Dispenda Provinsi Kalbar dan Bank Kalbar, akan segera meluncurkan program elektronik Samsat. Dengan begitu, bagi pemilik kendaraan bisa membayar pajak kendaraan di mana saja.

Dirlantas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Masbudi mengatakan bahwa program tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada para para wajib pajak di seluruh Kalbar.

“Artinya warga Pontianak bisa membayar di Sintang, warga Sintang bisa membayar di Ketapang,” ujarnya.

Hal ini merupakan salah satu fasilitas yang akan ada pada program elektronik Samsat. Selain itu fasilitas lainnya dari elektronik Samsat yaitu dapat membayar dengan menggunakan ATM Bank Kalbar.

“Kalau kita sudah online, maka wajib pajak tidak perlu membayar di Samsat, tapi bisa menggunakan ATM,” tambahnya.
Lebih lanjut dikatakannya bahwa kantor-kantor Bank Kalbar juga dapat digunakan dalam pembayaran pajak, selain kendaraan bermotor.

Fasilitas ini menurutnya dapat digunakan dengan catatan bahwa kendaraan tersebut harus merupakan milik dari yang melakukan pembayaran karena menyangkut registrasi kendaraan bermotor.

“Jadi warga masyarakat harus wajib apabila kendaraan second maka harus membaliknamakan kepada pemilik yang sah, supaya mendapat fasilitas itu. Bisa membayar di Kantor Samsat dimanapun, bisa membayar di Kantor Bank Kalbar dimanapun di wilayah Kalbar,” imbuhnya.

Inovasi kreatif sebagai pelayanan prima bagi warga Kalbar ini, merupakan sinergritas antara Dirlantas Polda Kalbar, Dispenda Provinsi Kalbar dan Bank Kalbar yang direncanakan akan diluncurkan setelah per 1 Juli 2018. (rah)