q Suara Pemred − Munas Forum BPD, Gubernur Promosi Potensi Wisata Kalbar

Munas Forum BPD, Gubernur Promosi Potensi Wisata Kalbar

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 122

Munas Forum BPD, Gubernur Promosi Potensi Wisata Kalbar
Pontianak, SP – Gubernur mempromosikan potensi budaya Kalimantan Barat kepada rombongan peserta Musyawarah dan Seminar Nasional Forum Komunikasi Dewan Komisaris BPD Seluruh Indonesia tahun 2018.  

Para peserta beserta istri dijadwalkan melihat berbagai potensi produk-produk lokal di Kalbar, khususnya di Kota Pontianak.  

“Di sini ada tempat yang dilalui titik nol derajat lintang utara dan selatan, namanya Tugu Khatulistiwa. Jadi nanti bapak, ibu bisa meletakan kaki kiri di selatan bumi dan kaki kanan di utara bumi. Itu hanya ada di Pontianak,” kata Sutarmidji, Kamis (15/11).  

Gubernur juga menjelaskan bahwa Kalbar memiliki banyak hasil kerajinan dan sudah mendunia. Di Pontianak Suutarmidji menyarankan para tamu untuk berkunjung ke pusat penjualan kerajinan daerah di daerah PSP.  

“Namun saya tidak tahu apakah masih tersedia souvenir khas itu karena dalam bulan ini saja sudah beberapa kali kegiatan bersifat nasional dan biasanya tamu berkunjung ke situ untuk mencari oleh-oleh,” ujarnya.  

Sutarmidji juga menyarankan para tamunya mengunjungi Rumah Radank yang menjadi ikon suku Dayak Kalbar, serta rumah adat melayu yang terletak bersebalah dengan rumah Radank.  

“Rumah Radank ini merupakan rumah betang, rumah khas etnis dayak. Kemudian di situ ada juga rumah melayu,” jelasnya.  

Begitupun dengan makanan, Midji menyebut ada banyak makanan khas lokal yang ada di Kota Pontianak.  

“Ada beberapa jenis makanan yang tidak ditemui di seluruh dunia yaitu rendang lidah buaya atau rendang aloevera. Tapi itu harus dipesan secara khusus. Makanan disini sangat banyak, silakan nanti bapak ibu mencoba ikan salju,” ujar Sutarmidji. (nak/)