q Suara Pemred − RS Untan Adakan Operasi Katarak untuk Warga Pra Sejahtera

RS Untan Adakan Operasi Katarak untuk Warga Pra Sejahtera

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 129

RS Untan Adakan Operasi Katarak untuk Warga Pra Sejahtera
Pasien operasi katarak.
Pontianak, SP - Muhammad Nur (40 tahun) warga Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, berterima kasih kepada RS Universitas Tanjungpura yang mengadakan operasi katarak gratis.  

“Kami masyarakat yang kurang mampu merasa sangat terbantu dengan operasi yang tidak memungut biaya ini,” kata Muhammad Nur, Kamis (15/11).  

M Nur yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini mengatakan sudah 4 bulan mengalami katarak. Salah satu matanya tidak dapat melihat total. “Awalnya secara pelan-pelan sampai sekarang satu mata tidak bisa melihat sama sekali,” ujat M Nur

Dia mendapatkan informasi soal adanya operasi karatak gratis di RS Untan dari kawan-kawannya. “Alhamdulillah sudah bisa melihat. Operasinya pun aman dan tidak merasakan sakit,” katanya.

Direktur RS Universitas Tanjungpura, dr Muhammad Anshorudin mengatakan kegiatan ini merupakan agenda bakti sosial kedua yang dilaksanakan rumah sakit.  

Seluruh pasien operasi katarak adalah masyarakat pra sejahtera yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Bakti sosial ini diprioritaskan untuk masyarakat pra sejahtera yang tidak memiliki jaminan kesehatan.

“Diharapkan masyarakat bisa terbantu, karena operasi katarak memerlukan biaya yang mahal,” ujar dr Muhammad Anshorudin.

Dia menegaskan, diperlukannya kerja sama dari beberapa pihak dalam penyelenggaraan kegiatan ini. “Baik dokter spesialis, penyandang dana, donatur atau sponsor, dan juga tim penyelenggara. Kita bekerja sama dengan Perdami,” ungkapnya.  

Kegaiatan ini terselenggara atas kerja sama RS Untan bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan sejumlah pihak.