Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Sambas Kerahkan Ratusan Personil

Sambas

Editor sutan Dibaca : 724

Jelang  Natal dan Tahun Baru, Polres Sambas Kerahkan Ratusan Personil
Ilustrasi
SAMBAS, SP- Kepala Bagian Operasional Polres Sambas, Kompol Jajang menyebut, dari 90 lebih gereja yang ada,  lebih 30 di antaranya akan menjadi skala prioritas dalam pengamanan oleh aparat keamanan.

"Gereja yang menjadi skala prioritas, adalah gereja yang digunakan umat Nasrani melaksanakan Misa Natal dan Tahun Baru. Semua gereja akan diamankan, namun ada yang diproritaskan. Ini dilihat dari jumlah jemaat yang hadir,” kata Jajang.

Pengamanan di gereja, akan dilakukan masing-masing personel Polsek yang dipertebal  personel dari Polres.
Jajang menuturkan rencana jumlah anggota yang disiagakan 245 personel. Seluruhnya akan dikerahkan mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2017.

Namun kata dia, jumlah tersebut bisa saja bertambah dengan adanya personel dari Polda Kalbar yang diperbantukan. “Kita telah instruksikan Kapolsek, agar melaksanakan pengecekan baik ke jemaat atau pengunjung gereja dan lakukan penyisiran. Hal ini agar warga yang melaksanakan ibadah Natal merasa aman dan terayomi,” terangnya.

Pengamanan juga diperketat untuk tempat-tempat wisata, yang selalu ramai dikunjungi saat libur Natal dan pergantian tahun. “Termasuk tempat keramaian, terminal, tempat perbelanjaan, pemukiman penduduk, kantor perbankan serta mesin ATM juga menjadi fokus kita,” ucapnya.

Guna lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Sambas juga mendirikan dua pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Pos pengamanan kata dia akan didirikan di Pemangkat dan Pasar Tebas. Sementara untuk pos pelayanan dibangun di Terminal Sambas.

“Pos pelayanan di Terminal Sambas, nantinya berisi instansi lengkap. Baik dari Satpol PP, Dinkes, Jasa Raharja, serta lainnya," tutupnya. (noi/ang)