Soal PETI, Ini Komentar Anggota DPRD Sambas

Sambas

Editor sutan Dibaca : 1005

Soal PETI, Ini Komentar Anggota DPRD Sambas
Ilustrasi
SAMBAS, SP-  Anggota DPRD Sambas, Lery Kurniawan Figo mengatakan, persoalan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) susah diawasi. Selain itu, penanganan secara hukum terkait PETI juga dirasakan dilematis, terlebih tak jarang aktivitas tersebut melibatkan warga setempat.

"Kita mengapresiasi langkah yang dilakukan Polres Sambas yang telah mengamankan illegal mining atau PETI di kawasan tersebut. Selama ini kita akui memang persoalan PETI seperti hilang tumbuh berganti karena mereka beroperasi berpindah-pindah lokasi," ujarnya.


Menurutnya, kengganan masyarakat untuk melaporkan terjadinya PETI di wilayah mereka,  juga menjadi satu di antara penyebab kegiatan yang merusak lingkungan tersebut terus-menerus terjadi.

Figo mengungkapkan keterbatasan pemahaman akan hukum juga  menjadi salah satu persoalan yang mesti dituntaskan sebagai upaya preventif,  ke depan agar kegiatan PETI tidak terulang dan bisa diberantas.


"Proses perizinan pertambangan memerlukan proses yang cukup rumit karena sudah menjadi kewenangan provinsi. Masyarakat juga acapkali menganggap hal ini tidak melanggar hukum, terlebih mereka merasa sudah mendapat izin dari pemilik tanah," jelasnya.

Meski demikian, tambah Figo,  aparat hukum harus bertindak tegas terutama kepada cukong penambangan ilegal tersebut. (noi/bah)
 

Baca Juga:
Pencairan Dana Desa Tahap Pertama di Melawi Terancam Molor 
Keluarga Korban Tragedi Crane Tagih Janji Santunan dari Pemerintah Arab Saudi
Begini Kronologis Tewasnya Tamu Hotel 95 Pontianak