q Suara Pemred − Belum Ditemukan Kasus Difteri, Sambas Tetap Lakukan Langkah Antisipasi

Belum Ditemukan Kasus Difteri, Sambas Tetap Lakukan Langkah Antisipasi

Sambas

Editor K Balasa Dibaca : 293

Belum Ditemukan Kasus Difteri, Sambas Tetap Lakukan Langkah Antisipasi
Ilustrasi difteri. (net)
SAMBAS, SP - Kabupaten Sambas saat ini dinyatakan bebas dari penyakit Difteri. Hal ini disampaikan Kabid pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Ardias

"Alhamdulillah sampai saat ini, Kabupaten Sambas tidak terdapat penyakit Difteri, semoga tidak tersentuh dan selalu begitu," katanya, Kamis, (14/12).

Terkait adanya pasien di Rumah Sakit Pemangkat yang diduga mengidap Difteri, Ardias menegaskan bahwa si pasien tidak terjangkit penyakit tersebut.

"Yang di Pemangkat kemarin sudah diperiksakan dan dilakukan uji laboratorium, Alhamdulillah hasilnya negatif, bukan difteri," ungkapnya.

Pasien asal Pemangkat tersebut kata dia saat ini sedang dirawat jalan oleh RSUD Pemangkat.

"Jadi penyakitnya mungkin demam dan gejalanya mirip Difteri, saat ini saya dengar sudah rawat jalan dengan RSUD Pemangkat," jelasnya.

Kendati demikian, Pemerintah Daerah lewat Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas kata dia akan tetap melakukan langkah antisipasi.

"Cara satu-satunya adalah dengan melakukan vaksinasi, penyakit ini bisa ditangkal dengan cara tersebut, dalam waktu dekat kita akan koordinasikan dan lakukan langkah antisipasi," jelasnya.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat untuk mawas terhadap penyakit yang sangat menular ini.

"Jadi masyarakat kita imbau untuk segera memeriksakan diri atau keluargany apabila ada uang mengalami sakit dengan ciri yang mirip dengan Difteri," pungkasnya. (noi)