Kampanye Pilgub, Panwaslu Ingatkan Taati Aturan

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 233

Kampanye Pilgub, Panwaslu Ingatkan Taati Aturan
Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar, Karolin Margret Natasha-Suryatman Gidot
SAMBAS, SP - Memasuki masa kampanye Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat,  berbagai aturan harus dipatuhi oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Hal ini disampaikan Komisioner Panwaslu Kabupaten Sambas, Mustadi saat memantau kampanye Pasangan Calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Karolin Margret Natasha-Suryatman Gidot di Kota Sambas, Selasa (13/3).

"Dari pantauan kita sejauh ini kegiatan mereka prosesnya lancar dan tertib," ujar Mustadi.

Kendati demikian,  Mustadi tetap mengingatkan agar semua kandidat dan tim sukses serta para pendukung Paslon Cagub dan Cawagub tetap menaati peraturan yang berlaku.

"Terdapat beberapa hal yang mesti dipenuhi oleh para paslon beserta tim mereka di antaranya harus menyampaikan siapa saja yang dilibatkan, surat izin dari kepolisian dan sesuai dengan jadwal kampanye yang ditetapkan," papar Mustadi.

Selain itu,  Paslon Cagub dan Cawagub beserta tim dan simpatisan juga tidak boleh menyampaikan isu SARA.

"Jangan sampai memuat materi kampanye yang berbau isu SARA serta hal lainnya yang provokatif dan bisa mengganggu stabilitas umum," papar Mustadi.

Mustadi juga mengingatkan bahwa keterlibatan ASN sama sekali tidak diperbolehkan.

"Tidak boleh ada anak-anak saat kampanye. ASN juga kita ingatkan agar tidak terlibat dan harus menjaga netralitas. Ini sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2017. Dengan dalih apapun, ASN tidak diperbolehkan terlibat dalam politik praktis,  mendukung salah satu calon. Ini juga didasari Undang-Undang ASN," tegas Mustadi.

Jika memang ditemukan adanya pelanggaran, lanjut Mustadi, pihaknya akan mengambil tindakan sesuai aturan yang berlaku. (noi/bah)