q Suara Pemred − Polsek Selakau Amankan 2.758 Bungkus Rokok Ilegal

Polsek Selakau Amankan 2.758 Bungkus Rokok Ilegal

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 269

Polsek Selakau Amankan 2.758 Bungkus Rokok Ilegal
BARANG BUKTI – Tampak tumpukan ribuan bungkus rokok ilegal berbagai merek yang diamankan jajaran Polsek Selakau, Sambas, Senin (2/4). (Ist)
SAMBAS, SP - Aparat kepolisian Polsek Selakau, Sambas, berhasil mengamankan 2.758 bungkus rokok berbagai merek tanpa pita cukai dan pita cukai palsu yang dibawa sebuah mobil box di Desa Sungai Rusa, Kecamatan Selakau, Senin (2/4) kemarin 

Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu mengatakan, dalam pengungkapan itu turut ditangkap sopir mobil box berinisial PRQ (26) warga Mempawah.

"Di dalam mobil itu ada sekitar 2.758 bungkus rokok yang diduga menggunakan pita cukai palsu, serta tanpa pita cukai. Bersamaan itu, sopir mobil tersebut juga kita amankan yakni berisial PRQ (26) warga Mempawah," kata Deny, Rabu (4/4).

Dijelaskan Kapolsek, mobil yang dikemudikan PRQ tersebut menuju arah Kecamatan Pemangkat, pihaknya dengan sigap melakukan penghadangan di Desa Sungai Rusa, Kecamatan Selakau.

"Setelah petugas mendapat informasi dari arah Singkawang menuju arah Pemangkat, yang membawa rokok dengan menggunakan cukai palsu, petugas melakukan monitoring di Dusun Sungai Dalong Desa Sungai Rusa, Selakau," tuturnya

"Setelah diketahui bahwa mobil yang dimaksud terlihat melintas selanjutnya petugas melakukan pengejaran, mobil tersebut dapat diberhentikan oleh petugas di Dusun Polaria, Sungai Rusa persis di depan Masjid Jami Nurul Alamin," timpalnya. 

Alhasil setelah dilakukan pemeriksaan, aparat Polsek Selakau menemukan puluhan slop rokok dengan pita cukai yang diduga palsu, serta ada pula rokok yang tanpa pita cukai.

"Kemudian petugas melakukan interogasi singkat terhadap sopir untuk menanyakan barang bawaan kemudian petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan di dalam mobil box tersebut," katanya.

Terdapat lima merek rokok dengan pita cukai palsu serta tanpa pita cukai yang siap edar. "Ada lima merek rokok dengan pita cukai palsu dan tanpa pita cukai yang kita temukan di dalam kardus, terhitung sebanyak 2.758 bungkus rokok siap edar," lanjutnya.

Atas temuan tersebut, aparat kemudian mengamankan sopir beserta barang bukti lainnya ke Polsek Selakau. "Turut diamankan uang hasil penjualan rokok dengan pita cukai asli sebesar Rp1,4 juta,” sebutnya. 

"Penanganan selanjutnya akan dilakukan oleh Tim Bea Cukai Sintete, karena kewenangan penanganan pita cukai palsu berada di PPNS Bea Cukai," pungkasnya. (noi/ang)