Pengajian Badan Kontak Majlis Taklim, Atbah Ingatkan Pentingnya Silaturahim Antar Masyarakat

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 215

Pengajian Badan Kontak Majlis Taklim, Atbah Ingatkan Pentingnya Silaturahim Antar Masyarakat
CERAMAH AGAMA – Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat memberikan ceramah agama di acara pengajian yang digelar Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) Kecamatan Salatiga, di Masjid Nurul Huda, Desa Serunai, kemarin. (Ist)
Menjaga silaturahim akan memberikan banyak keberkahan bagi setiap insan yang melakukannya. Inilah salah satu poin yang disampaikan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat menghadiri pengajian Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) Kecamatan Salatiga, di Masjid Nurul Huda, Desa Serunai, kemarin.

SP - Menurut Atbah, dengan semakin tingginya intensitas silaturahim maka akan membuang rasa saling curiga-mencurigai, berburuk sangka dan bisa selalu bermaaf-maafan secara langsung. Umat Islam Sambas diminta bupati harus bisa menjadi pribadi yang mudah memaafkan.

“Semakin sering kita menjalin silaturahim, Insya Allah rida dan keberkahan hidup dari Allah senantiasa terkucur bagi kita dan negeri ini,” kata Atbah.

Tidak baik jika antar masyarakat selalu memendam amarah dan dendam di dalam hati, jadilah insan yang mudah memaafkan dan mau meminta maaf.

Bupati mengingatkan, Muhammad Rasulullah SAW juga telah mengabarkan, calon penghuni surga adalah hamba yang mudah memaafkan dan mau meminta maaf. Dia mengatakan, betapa mudahnya umat Muslim memaafkan dan meminta maaf ketika momentum lebaran Idulfitri tiba.

“Sebaik-baiknya lagi, momentum Idulfitri tersebut menjadi tradisi kita selepas lebaran. Setiap hari kita saling meminta maaf dan bermaaf-maafan,” tutur dia.

Bupati meminta jangan sampai penyakit hati seperti sombong, angkuh, takabur menguasai hati. Penyakit hati tersebut yang menjadi penyebab setiap insan susah untuk memaafkan dan mau meminta maaf.

“Ingat, jangan sombong, jangan biarkan sifat angkuh dan takabur bersemayam di hati. Apa yang kita miliki adalah milik Allah. Silaturahim BKMT harus jadi teladan bagi kelompok masyarakat lain untuk memperkuat silaturahim dan ukhuwah umat,” pesan dia.

Bupati juga mengapreasiasi BKMT yang turut menjadi pelopor keberhasilan kesuksesan penyelenggaraan pemilihan gubernur Kalbar. Suksesnya pesta demokrasi itu adalah berkah Allah yang patut disyukuri.

“Terima kasih, semua komponen masyarakat Sambas turut menyukseskan pemilihan gubernur, ini dibuktikan dengan tingkat keamanan dan kelancaran pemilihan dan tingginya partisipasi masyarakat pada saat pencoblosan,” terangnya. (nurhadi/ang)