Festival Paloh Siap Digelar

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 304

Festival Paloh Siap Digelar
Sambas, SP - Potensi kelautan di pesisir Kecamatan Paloh yang berbatasan langsung dengan Laut Natuna Utara dan Malaysia Timur (Sarawak) menyimpan kekayaan alam yang tinggi. Selain potensi perikanan, dapat dijumpai juga beragam spesies langka  seperti penyu, bekantan, buaya, pesut, lumba-lumba, ketam tapak kuda, dan enggang.

Garis pantai Kecamatan Paloh membentang dari Desa Kalimantan hingga Temajuk sepanjang 102,56 kilometer. Sekitar 63 kilometer merupakan pantai tempat penyu bertelur.

Terdapat setidaknya 4 jenis penyu yang biasa bertelur di pantai Paloh yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing.

Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan mengakibatkan degradasi lingkungan yang mengancam keanekaragaman hayati. Pembukaan lahan secara masif, perburuan telur penyu, penebangan dan pembakaran hutan serta perdagangan hewan langka merupakan masalah klasik yang terjadi di Kecamatan Paloh.

Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengatakan, Festival Pesisir Paloh bertujuan mempromosikan wisata pesisir sekaligus memberi kesadaran pelestarian alam.
  “Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengalihan Festival Lempar Telur Penyu yang dilaksanakan setiap musim puncak penyu bertelur,”  kata Hairiah, Rabu (26/9).

Festival Pesisir Paloh 2018 diharapkan memunculkan kebanggaan atas potensi yang dimiliki, serta sebagai bentuk pelestarian budaya pesisir dan promosi ekowisata.

“Kegiatan ini juga menitikberatkan pada pembinaan generasi muda di Kecamatan Paloh. Kedepannya dapat menjadi generasi penerus dalam menjaga lingkungan serta potensi sumber daya alam maupun tradisi yang dimiliki.”

Festival Pesisir Paloh akan dilaksanakan tanggal 5 oktober hingga 7 oktober 2018. Sekitar 3 ribu wisatawan ditargetkan hadir meramaikan Festival Paloh yang akan dibuka Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Beberapa acara pada Festival Paloh 2018 antara lain, Kemah Pemuda Pesisir 3 Negara, Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam. Pemilihan Bukang Dare Penyu Paloh 2018, pelepasan tukik, restocking lobster, aksi bersih pantai, penanaman pohon dan field trip (monitoring penyu). (noi)