Kelola Tanaman Cabai, Kadis: Saya akan Rangkul Ibu PKK

Sanggau

Editor sutan Dibaca : 1299

Kelola Tanaman Cabai, Kadis: Saya akan Rangkul Ibu PKK
Ilustrasi
SANGGAU, SP - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan, Kabupaten Sanggau  John Hendri mengatakan pihaknya sudah memiliki program tanam cabai dengan luas 40 hektare.

"Saya akan merangkul ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)  mengelolanya. Saya usahakan, minimal ada  di setiap kecamatan. Lahan empat puluh hektare,  tidak terlalu luas juga," ujarnya.


Jhon berharap dengan program tahap awal ini, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat,  bahwa cabai itu menjadi kebutuhan orang setiap saat.

Menurutnya,  penyebab kenaikan harga cabai,  karena cuaca  tidak mendukung, berdasarkan informasi yang di terima,  ada petani yang menanam cabai  Oktober 2016 lalu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perindagkop Kabupaten Sanggau  Husni Syamsul menduga kenaikan harga cabai disebabkan adanya permainan spekulan yang pandai memanfaatkan situasi.

“Begitu para spekulan ini mendapatkan informasi di Jawa gagal panen,  disitulah kesempatan mereka menaikan harga,” ujarnya.


Menurutnya untuk melawan ulah para spekulan, harus ada upaya ekonomi untuk membuat mereka jera. Misalnya petani lokal harus kita berdayakan.

"Kalau cabai sudah banyak ditingkat lokal,  otomatis mereka tidak bisa berbuat apa-apa lagi, itu saja cara yang efektif menurut saya,” tambahnya. (pul/bah).


Baca Juga:
Sekadau Dapat Jatah Dua Ribu Bidang Tanah
Diduga Terlibat Narkoba, Tiga Oknum Anggota Polres Kapuas Hulu Masih Diperiksa
Lampu Navigasi Padam, Kapal Nelayan Sukabangun Tenggelam