Pemkab Sanggau Kucurkan Bantuan Rp360 Juta untuk 120 Mahasiswa Berprestasi

Sanggau

Editor K Balasa Dibaca : 344

Pemkab Sanggau Kucurkan Bantuan Rp360 Juta untuk 120 Mahasiswa Berprestasi
PENYERAHAN - Plt Kadis Dikbud Kabupaten Sanggau, Sudarsono saat menyerahkan bantuan pendidikan tinggi kepada mahasiswa berprestasi di Aula Bank Kalbar Cabang Sanggau, Rabu (20/12). (SP/Julianus)
SANGGAU, SP – Sebanyak 120 mahasiswa berpretasi asal Kabupaten Sanggau mendapat bantun dari pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). 

Bantuan pendidikan tinggi itu diserahkan langsung Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Sanggau, Sudarsono di Aula Bank Kalbar Cabang Sanggau, Rabu (20/12).

“Ada 143 mahasiswa S1/D4 dan 11 mahasiswa D3 yang mengajukan ke kami. Namun setelah dilakukan verifikasi hanya 120 mahasiswa yang lolos,” katanya kepada Suara Pemred.

Sudarsono merinci, mahasiswa yang lulus verifikasi dan berhak mendapat bantuan dari pemerintah daerah itu sebanyak 49 orang dari Kecamatan Kapuas, 11 orang dari Mukok, 16 orang dari Kembayan, delapan orang dari Sekayam, lima orang dari Entikong.

Kemudian, lanjut dia, lima orang lagi berasal dari Noyan, Jangkang dan Beduai masing-masing satu orang, enam orang dari Tayan Hulu, satu orang dari Balai, tiga orang dari Tayan Hilir, tiga orang dari Toba, tujuh orang dari Meliau, empat orang dari Parindu dan satu orang dari Kecamatan Bonti.

Ditanya soal kriteria, Sudarsono menjelaskan, belum pernah mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemkab Sanggau, telah menempuh pendidikan (D3/S1) semester tertinggi, memiliki Indeks Prstasi Akademik (IPK) diurutkan berdasarkan rangking tertinggi, minimal IPK 3,00 dan diutamakan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Ia menambahkan, bantuan ini diberikan pemerintah daerah setiap tahun sebagai bentuk kepedulian serta mendorong terwujudnya salah satu seven brand image kepemimpinan Paolus Hadi, yakni Sanggau Pintar.

“Bantuan yang diberikan kepada mahasiwa masing-masing sebesar Rp3 juta. Jadi total bantuan yang diberikan Pemkab senilai Rp360 juta," ujarnya.

Dia berharap bantuan ini dapat membantu dan meringankan beban mahasiswa, terutama para orangtua mereka. 

"Dan juga untuk memacu mahasiswa di Kabupaten Sanggau agar berlomba-lomba mengejar prestasi,” pungkas Sudarsono. (jul)