Peresmian Kantor Mapolres Sanggau (bagian dua-selesai)

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 219

Peresmian Kantor Mapolres Sanggau (bagian dua-selesai)
TANDATANGANI PRASASTI - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menandatangani prasasti peresmian Kantor Mapolres Sanggau, Rabu (28/2). Anggota Komisi III DPR RI, Erma Suryani Ranik turut mendampingi. (SP/Ratno)

Erma Ingatkan Polisi Gagah Tegakkan Hukum


Sebanyak 18 bangunan negara di jajaran Polda Kalbar diresmikan secara serentak, Rabu (28/2).  Peresmian yang dipusatkan di Mapolres Sanggau itu langsung dilakukan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono. Anggota Komisi III DPR RI, Erma Suryani Ranik turut mendampingi.

SP - Didi mengatakan, jumlah fasilitas, sarana dan prasarana bangunan negara di jajaran Polda Kalbar sampai tahun 2017 sebanyak 3208 unit. Terdiri dari kantor, rumah dinas, serta bangunan pendukung yang diperkuat dan dilengkapi dengan kendaraan bermotor dinas berbagai jenis dan tipe. 

“4616 unit sepeda motor dan mobil serta 9800 pucuk senjata api dengan berbagai jenis,” kata Didi.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyoroti wilayah hukum Polres Sanggau yang berbatasan langsung dengan Malaysia serta wilayah yang kaya akan berbagai potensi sumber daya alam, emas, bauksit, pasir. Potensi ini tentunya bisa mengandung kerawanan gangguan kamtibmas apabila tidak dikelola dengan baik.

“Situasi Kabupaten Sanggau serta dinamika masyarakat dewasa ini memerlukan kehadiran polisi yang energik, tanggap, proaktif, humanis dan peduli. Namun tetap memperhatikan profesionalisme, proporsonal dan prosedural dalam melaksanakan tugas,” ujar Didi.

Sementara itu, Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan mengatakan, Polres Sanggau merupakan satu Polres dari lima Polres perbatasan di Polda Kalbar dengan jumlah personel 646 yang mencakup 15 Polsek dan dua diantaranya Polsek perbatasan yakni Entikong dan Sekayam. 

“Semoga dengan kantor baru ini, kami dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Sanggau. Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada Komisi III DPR yang telah menyetujui pembangunan Mapolres baru ini sehingga dapat diresmikan,” ucap Rachmat.

Luas bangunan Polres Sanggau ini, kata Rachmat, 2724 meter persegi dengan tampilan fisik dua lantai dan satu basement yang dikerjakan PT. Bina Karya Sejahtera dalam kurun waktu 200 hari kalender.

Tahun 2017, Polres Sanggau juga mendapat pembangunan Mapolsek Batang Tarang yang menelan anggaran sebesar Rp973.730.000, dengan luas areal pembangunan 170 meter persegi dan dikerjakan CV Andalan dalam kurun waktu 150 hari kalender.

Anggota Komisi III DPR RI, Erma Suryani Ranik mengingatkan jajaran Polres, khususnya Polres Sanggau untuk gagah dalam penegakan hukum.

“Sebagai sebuah Polres yang sangat gagah dan berdiri di jalan utama, saya ingin kegagahan Polres Sanggau ini juga seiring dengan kegagahan dalam melakukan pemberantasan persoalan-persoalan pelanggaran hukum,” kara Erma.

“Jangan sampai kantor Polresnya sudah gagah, polisinya tidak gagah dalam melakukan penegakan hukum. Ini kita tidak mau,” tegas Erma. 

Politisi Senayan dapil Kalbar ini juga mengingatkan Polres Sanggau yang berhadapan langsung dengan wilayah perbatasan.  Artinya, tantangannya jauh lebih besar dibanding Polres-Polres lain dan dibutuhkan kerja sama yang kuat dengan teman-teman dari Pemda, legislatif dan masyarakat. 

“Saya ingin ini juga terjadi bukan hanya di Polres Sanggau, tetapi juga di Polres yang lain,” harap Erma.

Hadir dalam peresmian itu Ketua DPRD Sanggau, Jumadi, Bupati Sekadau, Rupinus, pejabat utama Polda Kalbar, Kapolres Jajaran Polda Kalbar, unsur forkompimda, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta tamu undangan lainnya. (julianus ratno/bah)