Membentuk Perilaku Tertib Berlalulintas, Polres Sanggau Mulai Operasi Keselamatan Kapuas

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 219

Membentuk Perilaku Tertib Berlalulintas, Polres Sanggau Mulai Operasi Keselamatan Kapuas
SEMATKAN PENANDA - Pjs Bupati Sanggau, Moses Taah ketika menyematkan penanda dimulainya Operasi Keselamatan Kapuas 2018 di halaman Mapolres Sanggau, baru-baru ini. (SP/Ratno)
Guna membina dan memelihara keamanan dan keselamatan tertib lancar berlalulintas, Satuan Lalu Lintas Polres Sanggau akan menggelar razia kendaraan bermotor selama 21 hari, sejak Senin (5/3).

SP - “Sehubungan dimulainya Operasi Keselamatan Kapuas 2018, kami, Satlantas Polres Sanggau mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor agar mematuhi peraturan berlalu lintas dan sama-sama menciptakan budaya tertib berlalulintas,” ujar Kasat Lantas Polres Sanggau, AKP Refandri Meidika Putra, Senin (5/3).

Menurutnya, yang menjadi fokus utama dalam operasi ini adalah membentuk pola pikir dan perilaku tertib berlalulintas dengan melakukan imbauan dan teguran serta penindakan terhadap pelanggaran berlalulintas.

Polri, khususnya Polantas, bersama stakeholeder dan pemerintah sesuai arahan Kepala Kops Lalu Lintas Polri IrjenPol Drs Royke Lumowa MM, lanjut Refandri, bertanggungjawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas.

Tujuh pelanggaran utama yang menjadi sasaran dalam operasi ini, kata Refandri, menggunakan HP saat mengemudi, melawan arus dalam berkendara, melanggar rambu-rambu dan traffic light, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara melebihi kapasitas dan pengendara di bawah umur.

Ia menambahkan, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya dalam pelaksanaan operasi ini, telah dilaksanakan upacara gelar pasukan di halaman Mapolres Sanggau. 

“Untuk gelar pasukan sudah kita laksanakan hari ini (kemarin, red). Dengan Inspektur Upacara, Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah,” pungkas Refandri. (julianus ratno/bah)