27 Juli Pemkab Gelar Kontes Durian

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 266

27 Juli Pemkab Gelar Kontes Durian
KONTES DURIAN - Kontes durian di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau tahun 2016 lalu. Pemkab Sanggau memastikan kontes durian Tingkat Provinsi Kalbar akan digelar pada 27 Juli 2018 di Kecamatan Sekayam, Sanggau. (Ist)
SANGGAU, SP - Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpanghortikan) Kabupaten Sanggau memastikan kontes durian tingkat Provinsi Kalbar akan digelar pada 27 Juli 2018 di Kecamatan Sekayam, Sanggau.

Kepala Dishangpanghortikan Kabupaten Sanggau, Jhon Hendri mengatakan, sudah ada 14 orang pecinta durian asal Jakarta yang menyatakan siap hadir pada Kontes Durian nantinya. “Untuk juara pertama Rp4 juta, juara II Rp3 juta, juara III Rp2 juta,” katanya, belum lama ini.

Bagi yang ingin ambil bagian dalam kontes itu, pihak Dishangpanghortikan sudah membentuk koordinator untuk masing-masing kecamatan. “Kecamatan Noyan bisa hubungi Karyono (081352267945), Batang Tarang hubungi Sukirman (085252561436), Beduai ada Mangkos (08125629576), Entikong ada Rohman (085821458618) dan Sekayam bisa menghubungi Edi Waluyo (085252023512),” ujar Jhon Hendri.

Kontes durian ini bertujuan untuk mempertahan populasi pohon durian di Kabupaten Sanggau. Sebab, pohon durian merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di sepanjang aliran Sungai Sekayam yang mengalir ditengah Kabupaten Sanggau. Terlebih, Sanggau punya durian unggulan yang sudah pernah dilaporkan ke kementerian. 

“Itu kita pertahankan, pertama perawatan batang atau pokok durian supaya tetap tumbuh. Kemudian ada beberapa durian yang sudah masuk unggul nasional itu akan tetap kita jaga. Seperti, Aspar, Mabah, Tembaga, yang terakhir menang kontes 2016 itu ada durian Dara,” katanya.

Jhon Hendri menyebutkan, dalam kontes nanti, pihaknya akan mendatangkan juri dari Jakarta serta berencana mengundang pihak dari Kementerian Pertanian. Termasuk para pecinta durian dari Papua dan Palembang. Durian yang pernah juara, menurut dia, berarti rasa durian tersebut punya keunikan tersendiri. 

“Walaupun nanti misalnya ada masyarakat yang membawa durian yang pernah menang, karena tim penilai cukup jeli, bahwa ini rasa yang terbaru, yang tidak dimiliki durian lainnya,” terang Jhon Hendri.

Ia menambahkan, sentra durian di Kabupaten Sanggau terdapat di Kecamatan Batang Tarang, Entikong, Sekayam, Beduai dan Kembayan serta pihaknya juga pernah mengirim durian terbaik Sanggau ke Istana Negara. (jul/jek)