12 Truk Muatan Kayu Sanggau Kantongi Izin Resmi

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 295

12 Truk Muatan Kayu Sanggau Kantongi Izin Resmi
Sanggau, SP – Polres Sanggau menggunakan keterangan Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Pontianak, sebagai dasar melepas 12 truk muatan kayu yang semula diduga ilegal.   

Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP Haryanto menegaskan, pihaknya melepas 12 truk bermuatan kayu durian itu setelah memperoleh hasil pengujian, pengukuran dan pengenalan kayu dari Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) di Pontianak.  

“Sebagaimana telah disampaikan Kapolres kemarin. Menurut keterangan ahli bahwa dokumen, jumlah, dan jenis kayu tersebut sesuai dan tidak ada pelanggaran. Sebagaimana BA (berita acara) keterangan ahli (dari BPHP),” kata AKP Haryanto, Rabu (14/11).  

Menurut Haryanto, ukuran kayu muatan truk itu macam-macam, ada 400 x 20 x 10. “Pada intinya ahli menyatakan kayu tersebut sah. Ada nota angkutan hasil hutan budidaya, surat keterangan tanah, surat pernyataan penguasaan tanah, dan sket tanah,” terangnya.  

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Sanggau AKPB Imam Riyadi menggelar press release terkait dilepasnya 12 truk bermuatan kayu durian yang sebelumnya sempat ditahan 5 hari. Saat press release, Kapolres didampingi Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP Haryanto.  

“12 truck tersebut ditahan pada Minggu (4/11) dini hari dalam operasi rutin yang digelar di depan Mapolres Sanggau. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kayu-kayu tersebut berasal dari Kapuas Hulu dan Melawi, ” katanya, Selasa (13/11).  

Penangkapan tersebut, dijelaskan Kapolres, bermula dari informasi masyarakat terkait maraknya penyalahgunaan dokumen membawa kayu. Dalam dokumen tertulis kayu durian namun disalahgunakan beberapa kayu jenis campuran.

"Namun setelah melakukan pemeriksaan dengan memeriksa para saksi yang dikirim juga dari Pontianak dan telah melakukan pengukuran terhadap 12 truk kayu tersebut, yang telah dituangkan di dalam berita acara, disimpulkan bahwa kayu-kayu tersebut kayu jenis durian semuanya dan sah,” kata Kapolres. (jul)