Sempat Dicurigai Ilegal, Polisi Lepas 12 Truk Kayu Durian

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 97

Sempat Dicurigai Ilegal, Polisi Lepas 12 Truk Kayu Durian
Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi saat memberikan keterangan kepada wartawan.
Sanggau, SP - Polres Sanggau melepas 12 truk bermuatan kayu durian hasil operasi rutin yang digelar di depan Mapolres Sanggau, Minggu (4/11) dini hari. Truk-truk tersebut sempat dicurigai membawa kayu ilegal.

Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi mengatakan, penangkapan 12 truk bermuatan kayu durian itu berawal dari informasi masyarakat terkait maraknya penyalahgunaan dokumen hasil hutan.  

“Jadi, penangkapan tersebut bermula dari informasi masyarakat terkait maraknya penyalahgunaan dokumen membawa kayu. Di dokumen tertulis kayu durian, namun disalahgunakan beberapa kayu jenis campuran. Berdasarkan inilah Polres Sanggau melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang mengangkut kayu hasil hutan,” kata Kapolres didampingi Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP Haryanto di Mapolres Sanggau, Selasa (13/11).  

Hasilnya lanjut AKBP Imam Riyadi, pihaknya menahan 12 truk bermuatan kayu durian. “Berdasarkan hasil pemeriksaan, kayu- kayu tersebut berasal dari Kapuas Hulu dan Melawi,” ujar Kapolres.  

Polisi juga melakukan pemeriksaan terhadak sopir truk, termasuk meminta keterangan ahli dari Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) di Pontianak. “Memang disitu dokumen durian semua, namun kita ingin memastikan ada atau tidaknya penyalahgunaan dokumen,” kata AKBP Imam.  

Dari hasil pemeriksaan, disimpulkan bahwa kayu-kayu tersebut kayu jenis durian dan mendapat izin pengiriman.

“Selama 5 hari kami optimal dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Dari keterangan saksi ahli menyatakan bahwa dokumen tersebut sah dan lengkap serta tidak ada aturan yang dilanggar, sehingga kami lepaskan. Itulah langkah-langkah Polres Sanggau terkait maraknya penyalahgunaan dokumen hasil hutan,” ujar Kapolres. (jul)