Rupinus Lantik 114 PNS Baru

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 384

Rupinus Lantik 114 PNS Baru
LANTIK PNS – Bupati Sekadau Rupinus menggelar acara pelantikan terhadap 114 PNS di lingkungan Pemkab Sekadau, Rabu (2/8). PNS yang dilantik tersebut merupakan pegawai baru yang berasal dari penerimaan pegawai di tahun 2014 dan 2015.
SEKADAU, SP – Sebanyak 114 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sekadau diambil sumpah dan janjinya oleh Bupati Rupinus, di Halaman Kantor Bupati Sekadau, Rabu (2/8).  PNS yang dilantik tersebut merupakan pegawai baru yang berasal dari penerimaan pegawai di tahun 2014 dan 2015.

“Dari 114 orang tersebut, delapan orang PNS dari pelamar umum formasi tahun 2014 dan 106 orang PNS dari pelamar umum formasi tahun 2015,” kara Rupinus usai pelantikan. Dalam penyampaiannya, Rupinus meminta PNS mematuhi segala aturan kepegawaian. Yang mana di antaranya tidak terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba. Tak hanya itu, Bupati Sekadau juga mewanti-wanti PNS agar tidak terlibat dengan aliran radikalisme.

“Jangan ada yang menggunakan narkoba dan mengikuti paham-paham radikal. Karena itu bisa merusak tatanan bangsa,” ujarnya. Sebagaimana diketahui, sebanyak 114 PNS itu kemudian akan mengisi sejumlah bidang yang telah disiapkan. Seperti misalnya 42 PNS akan menjadi tenaga pengajar, 39 PNS sebagai tenaga kesehatan dan 33 PNS tenaga fungsional umum di pemerintahan daerah.

“Yang paling banyak tentunya adalah guru dan tenaga kesehatan. Nanti sebagian besar akan kita kirim untuk bertugas di kampung-kampung,” ucapnya.  
Penempatan PNS di daerah-daerah pedalaman merupakan upaya peningkatan kinerja dan sekaligus pengembangan karir pegawai. Rupinus berharap seluruh jajaran PNS di lingkungan Pemkab Sakadau menjaga kekompakan.

“PNS harus berpikir bagaimana bisa memajukan dan melaksanakan tugas dalam mensejahterakan masyarakat sesuai tugasnya masing-masing,” ucapnya. Untuk itu PNS diingatkan tidak mudah putus asa bertugas di daerah. Apalagi belum apa-apa sudah minta pindah.

“Jangan satu tahun atau dua tahun udah minta pindah, macam-macam alasannya. Jadi tolong diperhatikan, sudah mengabdi di Sekadau laksanakan sampai pensiun,” ucapnya. Dia mengaskan, tuntutan masyarakat terhadap PNS adalah bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan.

Dan tentunya itu juga berdasarkan janji dan sumpah yang telah diucapkan. “Jadi jangan ingkari janji dan sumpah yang telah diucapkan. Karena itu landasan yang kokoh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

“Kalau guru, jangan sehari masuk, lima hari tidak. Tenaga kesehatan juga, jangan sering meninggalkan tempat tugas, tolong ini diperhatikan dengan baik. Laksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai aturan,” timpal dia. Rupinus juga meminta kepada para PNS yang sudah mengucapkan sumpah, janji agar tidak terlibat dengan radikalisme. Dikatakan dia, dalam sumpahnya para PNS setia pada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Ini sumpah bukan hanya di hadapan manusia saja, tapi kepada Tuhan. PNS juga harus tahu Tupoksi, jangan hanya duduk-duduk ngobrol, harus kreatif, bersih, berwibawa, royal dan jujur. Tunjukan prestasi kerja,” kata dia. Selainitu, ia juga meminta PNS di lingkungan Pemkab Sekadau agar tidak terlibat dengan narkoba. Ia menekankan, agar para PNS jauh terhadap narkoba dan tidak coba-coba.

“Jangan coba-coba dengan narkoba, tidak ada ampun. Tolong hati-hati apalagi masalah narkoba,” pintanya. “Bagi guru, tolong juga berikan contoh yang baik kepada anak didiknya jangan sampai ada pelajar terlibat narkoba, baik itu pengguna maupun pengedar. Guru harus memberikan contoh yang baik,” tutupnya. (akh/ang)