Kayu Lapis Didorong Jadi Jalan Provinsi

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 571

Kayu Lapis Didorong Jadi Jalan Provinsi
ilustrasi
SEKADAU, SP – Pemerintah Daerah Sekadau diminta mengangkat status Jalan Kayu Lapis, Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir menjadi jalan pemerintah. Pasalnya kondisi jalan tersebut hingga kini rusak parah, namun mobilisasi kendaraan dan ekonomi terus berjalan. Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Teguh Arif Hardianto mengatakan, secara historis jalan tersebut milik perusahaan.

Tetapi perusahaan pemilik jalan itu sudah tidak ada lagi setelah izinnya tak diperpanjang. “Dulu perusahan itu ada izin Hak Pengusahaan Hutan (HPH) dari PT Kayu Lapis, Barito dan Halisa. Perusahaan itu sudah lama tidak beroperasi, jalan yang dibuat itu kini masih dilalui masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan Teguh, sayangnya hingga saat ini belum ada pengangkatan status menjadi jalan kabupaten atau provinsi. Menurut dia, Jalan Kayu Lapis itu melintasi beberapa kabupaten dan panjangnya mencapai ratusan kilometer. “Ada empat kabupaten, kilometer satu hingga 32 masih berada di Sekadau. Di atas kilometer 32 itu wilayah Sintang, Melawi dan Ketapang, jalan itu sangat berpotensi menjadi jalan provinsi,” tuturnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah di empat kabupaten itu bisa menyurati pemerintah provinsi tentang jalan non status terhadap PT Kayu Lapis. Sehingga dengan adanya status bisa memperlancar akses transportasi di wilayah tersebut. Akibat statusnya belum ada, hingga saat ini belum ditangani. Ia berharap, pemerintah provinsi bisa menyurati kabupaten untuk memberikan kepastian terhadap jalan tersebut.

“Sehingga ada kepastiannya jalan itu dibangun oleh kabupaten sesuai batas wilayah masing-masing,” harapnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sekadau, Ramsyah mengatakan, Jalan Kayu Lapis yang ruas jalannya untuk wilayah Kabupaten sekadau berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu, jalan itu masih non status. Artinya masih bukan jalan pemerintah melainkan jalan eks perusahaan kayu zaman dulu di wilayah itu.

“Kami mulai dari tahun 2016 hingga 2017 ini sedang mengusahakan usulkan agar Jalan Kayu Lapis itu menjadi jalan provinsi," ungkapnya. Diketahui bahwa, Jalan Kayu Lapis merupakan jalan eks perusahaan kayu yaitu PT Barito untuk mengangkut kebutuhan dasar pembuatan triplek yang diolah di PT Erna Juliaty yang berada di Kabupaten Sanggau. Dan panjang jalan tersebut bisa menembuh empat kabupaten yang ada di kalbar yaitu Kabupaten Sekadau, Sintang, Melawi, dan Ketapang. (akh/ang)

Komentar