Pemkab Sekadau Bersihkan Pasar Flamboyan

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 384

Pemkab Sekadau Bersihkan Pasar Flamboyan
Bersihkan – Anggota BPBD Sekadau, membersihkan lokasi Pasar Flamboyan untuk nantinya ditempati pedagang
SEKADAU, SP – Pemerintah Kabupaten Sekadau menertiban lapak pedagang kaki lima (PKL) di sekitar wilayah Pasar Flamboyan, Kamis (11/2). Selain menertibkan lapak PKL, petugas juga membersihkan sampah dan debu di lokasi pasar. Upaya tersebut dilakukan sebagai persiapan para pedagang berjualan di pasar tradisional tersebut. Pembersihan lapak pada hari itu dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sekadau dan lintas dinas di Pemkab Sekadau dengan dibantu aparat TNI dan Polri.

“Pedagang beralasan tidak mau jualan di sini karena tempatnya kotor. Sekarang kami bersihkan, sehingga layak dijadikan tempat berjualan,” ujar Kepala Satpol PP Sekadau, Yapet Simon. Pihaknya, kata dia, akan terus memberikan sosialisasi kepada para pedagang.

Pendekatan persuasif yang dilakukan mengedepankan memberi pemahaman kepada pedagang. “Ini masih dalam rangkaian tahapan sosialisasi dalam rangka penataan dan penertiban PKL. Kami akan terus melakukan pendekatan persuasif kepada para pedagang,” ucapnya.

Tentunya, kata dia, dalam penataan PKL perlu dukungan semua pihak. Pemerintah telah menyediakan tempat bagi pedagang, sehingga diharapkan para pedagang dapat menempati tempat lebih layak dalam menjajakan dagangannya.
“Kami masih terus memberikan sosialisasi kepada para pedagang,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sekadau, Teguh Arif Hardianto mendukung upaya yang dilakukan Pemkab Sekadau untuk merelokasi PKL.

“Langkah yang dilakukan ini sangat tepat dan akan membantu pedagang,” kata Teguh. Jika tempat berjualan sudah layak, baru kemudian para pedagang dipindahkan. Ia mencontohkan, seperti di Pasar Baru sarana dan prasarananya harus terlebih dahulu dilengkapi.

“Kemarin waktu rapat sudah dibahas semua, sarana dan prasarananya. Persoalan seperti itu harus menjadi perhatian Pemkab, jangan nyuruh orang pindah tempatnya tidak layak. Tapi pada prinsipnya kami mendukung upaya merelokasi pedagang,” pungkasnya. (akh/jee)

Komentar