q Suara Pemred − BPBD Sekadau Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem

BPBD Sekadau Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem

Sekadau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 101

BPBD Sekadau Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem
Banjir di Tasikmalaya, Jawa Barat.
Sekadau, SP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau sudah menyiapkan anggaran becana tahun 2018. Anggaran tersebut untuk mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem belakangan ini.  

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Edy Prasetiyo mengatakan, anggaran tersebut dirancang sesuai kondisi kejadian di lapangan.   

“BPBD anggaran untuk bencana memang ada. Satu di antara pos anggaran bencana ada di kita. Bentuk bantuan kepada objek maupun subjek bencana kita berbentuk barang dan uang, tergantung penetapan anggaranya,” kata Edy Prasetiyo.   

Edy menyebut pihaknya telah menetapkan jumlah dana bantuan sesuai kebutuhan di Sekadau. Baik bencana alam maupun bencana yang diakibatkan aktivitas manusia.   

“Secara keseluruhan BPBD diplot kurang lebih Rp 3,7 miliar untuk di tahun 2018,” ujar Edy Prasetiyo.   Terkait cuaca ekstreme yang terjadi belakangan ini, BPBD Sekadau menetapkan status siaga darurat.

“Sekadau telah mengeluarkan status sejak bulan Februari 2018 Sampai 30 November 2018. Artinya ini merupakan kesiapsiagaan kita dalam mengantisipasi dan menghimbau kepada warga agar terus waspada bencana yang terjadi,” tukasnya.   

BPBD sudah menyiapkan sejumlah langkah penanganan. “Kita ada sarana dan prasarana, dan kita maksimalkan dengan baik agar kejadian apapun yang berkaitan dengan bencana kita sudah siap 24 jam. Kondisi alam kita masuk pada bulan November dan Desember masih dalam kategori musim hujan dan tentu ini harus diwaspadai oleh masyarakat terutama di wilayah pesisir.” (akh)