q Suara Pemred − Pemkab Sekadau Usul 7 Program Prioritas Anggaran 2019

Pemkab Sekadau Usul 7 Program Prioritas Anggaran 2019

Sekadau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 150

Pemkab Sekadau Usul 7 Program Prioritas Anggaran 2019
Sekadau, SP - Proses pembahasan APBD 2019 mulai bergulir. Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria menyampaikan nota pengantar RAPBD tahun anggaran 2019 pada rapat paripurna DPRD Sekadau, Rabu (14/11).

Sambutan tertulis Bupati Sekadau yang dibacakan Sekda Zakaria mengatakan Pemerintah Kabupaten Sekadau pada RAPBD tahun anggaran 2019 mengalokasikan sedikitnya tujuh program prioritas.

Ketujuh Program tersebut antara lain, pembangunan atau rehabilitasi jalan dan jembatan. Program ini mencakup pembangunan infrastruktur pedesaan, serta penyediaan sarana dan pra sarana air minum.

Program prioritas lainnya kata Zakaria, bidang pendidikan. Bidang ini mencakup penambahan ruang kelas, sanitary sekolah, serta peningkatan mutu kependidikan.

“Program selanjutnya bidang kesehatan yang meliputi anggaran untuk pelayanan kesehatan penduduk miskin di puskesmas, biaya operasional, dan pemiliharaan kesehatan, rehabilitasi puskesmas, dan lain-lain,” ujar Zakaria.

Pemerintah juga akan menyasar pembangunan sarana dan pra sarana pariwisata. Hal ini dianggap penting, agar pariwisata di Kabupaten Sekadau memiliki nilai jual dan dapat menjadi salah satu item pendapatan daerah.

Menurut Zakaria, pemerintah daerah juga akan konsisten mengalokasikan anggaran untuk pemerintah desa melalui dana desa sebesar 10 persen dari dana perimbangan. Pemerintah juga konsisten mendukung pengembangan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan.

Program selanjutnya adalah kewajiban pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pilkades serentak. Termasuk di dalamnya pembangunan sarana dan pra sarana desa, seperti gedung kantor desa.

Program prioritas terakhir adalah dukungan anggaran kepada ketertiban umum oleh instansi vertikal yang ada di Kabupaten Sekadau. “Semua program ini kami rencanakan demi menunjang kemajuan Kabupaten Sekadau menjadi kabupaten yang maju, mandiri, dan berdaya saing,” kata Sekda. (akh/humas)