Pembelian Hewan Kurban Menurun

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 554

Pembelian Hewan Kurban Menurun
Kambing Kurban – Hariyanto pedagang kambing kurban di Kota Singkawang saat memberikan makan kambing kurban miliknya yang siap dijual. Saat ini pembelian kambing kurban di Kota Singkawang mengalami penurunan.
SINGKAWANG, SP – Penjualan hewan kurban di Kota Singkawang menurun. Menurut salah seorang pedagang kambing di Kota Singkawang, Haryanto, hingga saat ini baru enam ekor kambing kurban miliknya yang terjual.   Padahal jika dibanding tahun sebelumnya, saat H-14 Iduladha dirinya bisa menjual sebanyak 20 ekor kambing.  

   "Tahun ini agak sepi, biasanya H-14 Idul Adha sudah terjual 20 ekor. Sekarang baru enam ekor," ujarnya di Jalan KS Tubun Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kamis (24/8).   Padahal menurut Haryanto, harga kambing di tempatnya tidak mengalami kenaikan. Harga jual yang dipatok masih dengan harga jual standar di hari-hari biasa, yakni Rp85 ribu-Rp90 ribu per kilogram.  

"Kalau untuk aqiqah, hampir setiap minggu ada pesanan, meskipun satu atau dua ekor, tapi untuk kurban kali ini terbilang sepi,” ungkapnya.    Pria yang sudah sembilan tahun berbisnis kambing ini menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan pembelian kambing kurban tahun ini menurun, pertama karena faktor ekonomi yang lesu, kedua karena banyak umat Islam yang ikut arisan hewan kurban, ketiga karena banyaknya makelar penjualan kambing.  

"Yang paling parah orang yang berani memasang plang di rumahnya, meskipun tidak punya kambing. Bahkan duduk di warung kopi pun orang berani menawarkan, padahal mereka mengambil ke orang lain," bebernya.   Sementara Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Singkawang, Muchlis yakin jumlah hewan kurban tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya.  

"Kalau tahun lalu ada sekitar 600 ekor, tahun ini insyaallah bisa lebih lah," yakinnya.   Pihaknya dikatakan Muchlis saat ini sedang melakukan pendataan ke masjid yang melaksanakan pemotongan hewan kurban untuk mengetahui jumlah hewan yang akan dikurbankan,  

"Kita sedang melakukan pendataan, paling tidak sekitar H-2 Idul Adha datanya sudah masuk ke kita," ujarnya.   Selain melakukan pendataan, Muchlis melanjutkan, Kemenag Singkawang juga telah menggelar pelatihan pemotongan hewan kurban ke 100 orang tukang potong hewan kurban.  

"Jadi pelatihan itu kita tujukan kepada orang-orang yang akan melakukan pemotongan hewan kurban agat hewan yang dipotong sesuai syariah Islam," katanya. (pul/jee)
 

Komentar