Lokasi PETI ‘Disulap’ Jadi Embung

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 401

Lokasi PETI ‘Disulap’ Jadi Embung
Tempat Rekreasi - Salah satu warga Singkawang bersantai di lokasi embungyang dibangin di lahan bekas PETI di Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur.
SINGKAWANG, SP – Lokasi bekas Penambangan Emas Tanpa izin (PETI) di Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur yang dulunya terbengkali telah dibenahi oleh Pemerintah Kota Singkawang. Tanah berlubang yang dulunya dijadikan tempat penambangan emas dijadikan  embung untuk menampung air.

 Total ada dua embung yang dibangun di sana.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Singkawang, Asyir A Bakar mengatakan, embung tersebut akan digunakan untuk ketersediaan air bersih untuk masyarakat Singkawang yang berasal dari Sungai Sibohe. Kedua embung yang dibangun memiliki luas seluas 2,7 hektare yang mampu mampu menampung air sebesar 81 ribu kubik.

"Jika disuplai untuk kebutuhan masyarakat dengan kebutuhan 11 ribu sambungan rumah (SR), maka kemampuan air hanya mencukupi untuk selama 10 hari," ujar Asyir.

Pemkot Singkawang, dilanjutkan Asyir berencana untuk menambah tiga embung di lokasi tersebut yang nantinya saling terhubung.
"Yang sudah adakan embung A dan B. nanti kita akan bangun tiga lagi menjadi C, D dan E," ungkapnya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Singkawang, Syech Bandar meyakinkan bahwa keberadaan embung nantinya akan memberi bermanfaat untuk masyarakat Singkawang.


"Hanya saja untuk tekisnya ada di Dinas LH," kata Bandar.
Bandar juga mengatakan pembangunan embung akan kembali dilakukan dan teknis penggunaan embung akan diserahkan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang terpilih.
 

 "Sementara ini baru dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Mungkin ke depan bisa dimanfaatkan sebagai air bersih, pertanian, dan sebagainya," ungkapnya. (rud/jee)


Komentar